nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Wuhan Bukan Penyebab Kematian Utama Pasien?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159447 virus-korona-wuhan-bukan-penyebab-kematian-utama-pasien-ZUMtqdukS7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WABAH virus korona Wuhan (corona virus/2019-nCov) terus meluas. Kamboja dan Sri Lanka baru saja melaporkan kasus ini, dengan begitu semakin banyak negara di luar dataran China yang terpapar virus korona ini.

Tercatat, ada 106 orang telah meninggal akibat wabah virus korona  baru, dengan sedikitnya 4.239 orang positif terinfeksi. Angka ini pun terus naik setiap harinya.

Spekulasi terkait sumber virus pun beredar. Namun, menurut WHO, sampai sekarang belum ada informasi yang pasti sumber utama penyebar virus korona Wuhan. Selain itu, vaksin pun belum tersedia, sehingga orang-orang diharapkan agar menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya supaya tidak terpapar virus.

Bicara mengenai penyebab kematian, infeksi virus korona Wuhan dikatakan sebagai penyebab utamanya.

Bicara mengenai penyebab kematian, infeksi virus korona Wuhan dikatakan sebagai penyebab utamanya. Padahal, fakta menjelaskan bahwa pasien pneumonia misterius ini kebanyakan sudah memiliki penyakit serius sebelumnya.

Jika dilihat dari korban pertama virus korona Wuhan. Pria berusia 61 tahun itu diketahui memiliki masalah kesehatan liver kronis, dan tumor perut. Kondisi yang ia alami memperburuk penyakit tersebut dan akhirnya meninggal dunia.

Lantas, apakah bisa dikatakan bahwa infeksi virus korona Wuhan bukan satu-satunya penyebab seseorang meninggal dunia?

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono, menjelaskan bahwa belum ada kepastian yang jelas terkait jawaban tersebut.

"Saya melihatnya 50:50, sebab jika melihat riwayat penyakit beberapa korban jiwa, mereka memang memiliki masalah penyakit sebelumnya," terangnya pada awak media di Kantor Kementerian Kesehatan.

Dia melanjutkan, kondisi sebelum terserang virus korona Wuhan seperti hipertensi, diabetes melitus, gagal ginjal, atau infeksi sebelumnya seperti hepatitis, tentu akan memperburuk pasien. Bukan hanya itu, faktor usia juga diduga bisa menurunkan ketahanan tubuh pasien.

tentu akan memperburuk pasien. Bukan hanya itu, faktor usia juga diduga bisa menurunkan ketahanan tubuh pasien.

"Saya enggak berani mengatakan dengan pasti, tapi kondisi semacam ini harusnya jadi dorongan kita semua untuk mau menjaga sistem imun tubuh dan mengontrol penyakit yang sudah ada," tambahnya.

Dia menegaskan, daya tahan yang kuat menjadi benteng pertama dalam melawan virus apapun. Karena itu, kesehatan dan kebersihan tubuh harus dijaga dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat di keseharian kita bersama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini