Cegah Hoax Virus Korona Wuhan, Menkes Terawan Minta Bijak Gunakan Medsos

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 481 2159460 cegah-hoax-virus-korona-wuhan-menkes-terawan-minta-bijak-gunakan-medsos-nssNJ9qrgB.jpg Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Dimas/Okezone)

TAK dapat dipungkiri, masyarakat bisa mendapatkan kabar terbaru penyebaran virus korona internet. Sayangnya, mulai banyak beredar isu hoax virus korona (corona virus/2019-nCov) yang meresahkan masyarakat.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, menjelaskan, meskipun banyak informasi virus korona dari internet, masyarakat harus mencari yang rasional dan valid. Di sisi lain, isinya juga harus disajikan dalam format yang baik.

"Kalau (berita virus korona) disajikan dengan rasionalisasi yang baik maka masyarakat akan menerimanya dengan baik," kata Menkes Terawan kepada awak media, di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan, Selasa (28/1/2020).

menkes terawan

Jika kabar virus korona disajikan secara irasional, maka menjadi tidak terarah. Malahan bisa menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.

"Masyarakat khawatir kan tergantung dari berita yang disajikan," sambungnya.

Dia mengajak agar masyarakat tidak mudah percaya dengan dengan beredarnya isu hoax virus korona yang banyak bermunculan. Gunakan media sosial dengan bijak, kemudian sebarkan kabar baik untuk siapa saja.

"Saya kira perlu kita bersama-sama melihat secara rasional apa yang harus dilakukan saat ini (untuk mencegah virus korona)," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini