nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Pemerintah Indonesia Lindungi WNI dari Virus Korona Wuhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 13:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159483 cara-pemerintah-indonesia-lindungi-wni-dari-virus-korona-wuhan-PZ6cLtnwqY.jpg Ilustrasi. (AP)

PEMERINTAH Indonesia kesulitan membantu Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi di Wuhan, China, akibat penyebaran virus korona (coronavirus/2019-nCov). Meski begitu, ada bentuk bantuan lain yang diupayakan dalam waktu dekat.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono, mengatakan, saat ini WNI yang terkepung di Wuhan, China, akibat virus korona membutuhkan logistik yang cukup. Salah satunya yakni logistik makanan untuk menjaga imunitas.

"Dengan ketersediaan makanan yang baik, tentu ini akan mengarah pada kebaikan daya tahan tubuh mereka juga. Kami upayakan WNI di sana tetap sehat," kata Anung ditemui di Gedung Kemenkes membahas virus korona, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

virus korona

Pemerintah Indonesia akan berusaha mencukupi kebutuhan logistik tersebut. Selain makanan, pasti di Wuhan juga dibutuhkan masker dan perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, keberadaan 234 WNI di Wuhan akibat virus korona (coronavirus/nCov) menjadi kekhawatiran banyak kalangan. Sebab mereka tidak bisa keluar dari Wuhan, akibat wabah virus korona semakin meluas.

Anung menambahkan, setiap WNI yang berada di Wuhan harus menjaga kekebalan tubuhnya agar tetap sehat. Salah satu caranya yakni mengonsumsi makanan bergizi dan porsinya harus pas.

"Ingat, kalau daya tahan tubuh baik, maka tubuh tidak mudah tertular virus. Itu kuncinya," papar Anung.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini