nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Virus Korona, Menkes Terawan Ingatkan Pentingnya Jaga Imunitas Tubuh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159552 cegah-virus-korona-menkes-terawan-ingatkan-pentingnya-jaga-imunitas-tubuh-iHHeBAVfYV.jpeg Menkes Terawan (Foto : Dimas/Okezone)

Virus korona Wuhan (nCov) tengah menyita perhatian dunia. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan pun telah melakukan berbagai upaya guna mencegah penyebaran virus tersebut, termasuk menyediakan rumah sakit rujukan bagi pasien yang dicurigai terinfeksi virus korona.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto juga mengimbau masyarakat terus menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat, serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk mencegah terinfeksi virus korona Wuhan.

"Virus lawannya hanya imunitas, kalau imunitas tubuh kita baik, enggak usah takut sama virus," tutur Menkes Terawan saat menghadiri acara Hari Gizi Nasional di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Menkes Terawan

Lebih lanjut Menkes Terawan menjelaskan, pentingnya menjaga imunitas tubuh adalah untuk menghindari dari berbagai virus dan penyakit berbahaya, termasuk yang disebabkan oleh virus.

"Biarkan saja berkembang isu apa saja, tetapi yang paling penting kita jaga imunitas tubuh kita dengan hidup sehat," tambahnya.

Hal senada sempat diungkapkan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono pada konferensi pers terkait 2019-nCoV.

Menurut penjelasan Anung, angka kematian yang disebabkan oleh virus korona di China, ternyata diikuti oleh penyakit penyerta seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung dan sebagainya.

"Sehingga kita semakin memahami, kalau daya tahan tubuh baik, maka virus ini tidak akan menular sebagaimana yang terjadi di sana," tutur Anung di konferensi pers pada Senin (27/1) lalu.

Virus Korona Wuhan

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah melakukan gaya hidup sehat. Cara ini diklaim dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar atau mengurangi risiko terpapar virus dengan mudah.

"Untuk mencegah, utamanya dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Adalah melakukan Germas, seperti makan cukup nutrisi, seimbang, olahraga, istirahat. Itu dapat meningkatkan daya tubuh kita. Juga jangan deket-deket dengan unggas, hewan laut, hewan liar yang sementara ini diduga sumber penularan. Kalau badan enggak enak, ya lakukan pemeriksaan," tegas Anung.

Perlu diketahui bahwa virus korona Wuhan merupakan virus jenis baru, dikenal dengan nama 2019-nCoV. Virus ini diklaim bisa menular dari manusia ke manusia.

Virus Korona adalah famili yang terdiri dari banyak virus, namun hanya enam (selain virus baru ini) yang diketahui menginfeksi manusia. Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan mulai dari flu biasa hingga kondisi parah seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang telah menewaskan hampir 800 orang pada 2003.

Virus Korona

Saat ini, kasus virus korona Wuhan telah mencapai lebih dari 4.500 dengan 106 orang di antaranya meninggal dunia. Tak di China, virus ini juga telah menyebar hingga di 16 negara. Di antaranya Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand, Australia, Nepal, Vietnam, Malaysia, Kanada, Kamboja dan Sri Lanka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini