nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlukah Pasien Diabetes Konsumsi Rutin Air Rebusan Kayu Manis untuk Turunkan Gula Darah?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 16:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159559 perlukah-pasien-diabetes-konsumsi-rutin-air-rebusan-kayu-manis-untuk-turunkan-gula-darah-9GRgr5xQ37.jpg Ilustrasi (Foto : Ndtv)

Beredarnya pesan berantai di WhatsApp yang mengatakan air rebusan kayu manis dapat menormalkan kadar gula darah bagi pasien diabetes berisi banyak kesalahan. Salah satunya yang mengatakan kadar gula darah akan menjadi normal hanya dengan rutin konsumsi air rebusan kayu manis. Padahal tidak demikian.

Kadar gula pada pasien diabetes tidak lantas menjadi normal. Air rebusan kayu manis memang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hanya saja itu berlaku pada pasien diabetes tahap awal yang kadar gula darahnya lebih sedikit dari 200 mg/dL. Selain itu, obat paten dari dokter juga harus tetap dikonsumsi.

Pada pasien dengan kadar gula darah di atas 300 mg/dL, air rebusan kayu manis tidak dapat membantu. Cara satu-satunya mengontrol kadar gula darah dengan meminum obat dokter.

Air Kayu Manis

Selain itu, air rebusan kayu manis tidak bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam waktu singkat seperti yang dikatakan pesan berantai hanya 3 hari. Menurut spesialis endokrologi dan ahli molekular diabetes, dr Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, PhD, kadar gula darah baru bisa turun dalam waktu dua minggu sampai satu bulan.

"Beberapa penelitian menunjukkan kadar gula darah membutuhkan waktu dua minggu sampai satu bulan untuk turun. Itu pun harus dibantu obat dari dokter, air rebusan kayu manis tidak bisa digunakan sebagai obat tunggal," kata dr Dante.

Dalam pesan juga dikatakan setelah meminum air rebusan kayu manis pasien diabetes menjadi lebih segar dan bertenaga. Tapi sebenarnya itu bukan semata-mata efek dari air rebusan kayu manis. Melainkan karena gula darah yang turun berkat bantuan obat paten dan obat herbal.

Melihat adanya dampak positif dari obat herbal seperti air rebusan kayu manis, tidak ada salahnya dikonsumsi rutin. Asalkan tetap mengonsumsi obat paten. Pada pesan berantai dikatakan anjuran untuk minum air rebusan kayu manis dua kali sehari dan bila gula darah sudah normal cukup sehari sekali. Pandangan berbeda diungkapkan oleh dr Dante.

"Ada beberapa penelitian yang mengatakan obat herbal yang menggunakan cinnucilin seperti air rebusan kayu manis cukup dikonsumsi satu hari sekali. Ingat, itu juga hanya berlaku untuk pasien diabetes tingkat awal, bukan tingkat lanjut," tukas dr Dante.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini