nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti China: Pasar Seafood Wuhan Bukan Sumber Virus Korona Berasal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 481 2159603 peneliti-china-pasar-seafood-wuhan-bukan-sumber-virus-korona-berasal-feoHakFt04.jpg Ilustrasi pasar seafood (Foto: Pixabay)

Selama ini publik mengetahui bahwa pasar seafood Huanan, Wuhan, China, adalah lokasi virus korona Wuhan pertama kali ditemukan.

Namun informasi ini dinilai peneliti China keliru. Sebab bukan dari sana virus korona Wuhan berasal.

Dalam laporan ilmiah yang diterbitkan di The Lancet, peneliti China dengan lugas menentang bahwa pasar seafood itu adalah sumber utama virus korona Wuhan berasal. Pernyataannya ini dia tuangkan dalam hipotesis hasil penelitian.

 virus korona menyerang Wuhan

Laporan ilmiah ini ditulis oleh sekelompok peneliti China dari berbagai institusi. Mereka menganalisis data dari 41 pasien pertama kali yang dirawat di rumah sakit dengan gejala virus yang dinamakan novel coronavirus (2019-nCoV) alias virus korona Wuhan.

Dalam kasus paling awal, pasien jatuh sakit pada 1 Desember 2019 dan tidak memiliki riwayat ke pasar seafood yang heboh itu.

“Tidak ada hubungan epidemiologis yang ditemukan antara pasien pertama dan kasus selanjutnya,” kata peneliti seperti dikutip dari ScienceMag, Selasa (28/1/2020).

Data mereka juga menunjukkan bahwa secara total, 13 dari 41 kasus, pasien tidak memiliki riwayat ke pasar seafood. "Itu angka yang besar dan mereka mengaku tidak ke pasar tersebut," kata Daniel Lucey, seorang spesialis penyakit menular di Universitas Georgetown.

Laporan sebelumnya dari otoritas kesehatan China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pasien pertama memiliki gejala pada 8 Desember 2019. Meski begitu, beberapa pasien juga ada yang mengaku sempat ke lokasi tapi tidak melakukan interaksi yang lama.

Lucey mengatakan, jika data baru itu akurat, infeksi manusia pertama pasti terjadi pada November 2019, bahkan lebih awal. Sebab, ada waktu inkubasi antara infeksi dan timbulnya gejala.

"Jika demikian, virus itu mungkin menyebar secara diam-diam di antara orang-orang di Wuhan, sebelum akhirnya kasus dari Pasar Seafood Huanan keluar dan dijadikan pernyataan yang dipercaya masyarakat. Virus korona masuk ke pasar bukan berada di pasar," tegas Lucey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini