Pernah Berurusan dengan SARS, WHO Yakin China Bisa Atasi Wabah Virus Korona Wuhan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 481 2159898 pernah-berurusan-dengan-sars-who-yakin-china-bisa-atasi-wabah-virus-korona-wuhan-7warI3ihOL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DIREKTUR Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, yakin pemerintah China dapat menangani sendiri wabah virus Korona Wuhan (Corona virus/2019-nCov) yang menginfeksi ribuan penduduknya.

Sebagaimana diketahui, virus korona Wuhan mulai merebak pada Desember 2019 telah menyebar ke berbagai negara yang ada di luar China. Amerika Serikat (AS), Prancis, Jerman, Thailand, Kamboja, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Jepang dan Australia pun turut terjangkit virus ini.

Ghebreyesus mengatakan, WHO sepenuhnya percaya pada kemampuan China untuk mencegah dan mengendalikan penyakit baru ini. Pernyataan tersebut disampaikan mereka ketika bertemu dengan Anggota Dewan Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Beijing.

karena mereka percaya atas kemampuan yang dimiliki China.

Sebagaimana dilansir News CGTN, Rabu (29/1/2020), Ghebreyesus mengatakan WHO tidak merekomendasikan adanya evakuasi warga negara. Mereka meminta masyarakat internasional untuk tetap tenang dan tidak bereaksi berlebihan terhadap kasus ini, karena mereka percaya atas kemampuan yang dimiliki China.

Sementara itu, Wang Yi mengatakan kunjungan kepala WHO ke China saat ini tidak hanya mencerminkan dukungan organisasi untuk China. Namun, mereka juga memberikan dorongan bagi Negara Tirai Bambu tersebut untuk memperkuat kerjasama dengan organisasi kesehatan.

"Saya percaya bahwa melalui kunjungan ini Anda secara pribadi dapat merasakan tekad dan kemauan keras dari pemerintah Tiongkok dan orang-orang untuk memerangi epidemi," terang Wang.

Pasalnya, China juga memiliki pengalaman menangani epidemi SARS yang pernah melanda pada 2002 silam. Wang menambahkan bahwa kali ini China akan lebih tegas dalam memerangi epidemi, serta memiliki langkah-langkah yang lebih kuat dan mengambil tindakan lebih cepat.

"Kami sepenuhnya mampu, percaya diri, dan memiliki sumber daya untuk mengatasi epidemi ini sejak awal," lanjut Wang.

Wang mengatakan China juga berkeinginan untuk terus memperkuat kerja sama dengan komunitas internasional, terutama WHO. China secara terbuka dan transparan, ingin memberikan kontribusi bagi kesehatan publik internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini