nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makin Meluas, Virus Korona Wuhan Sudah Tersebar ke 17 Negara di Dunia

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 29 481 2160318 makin-meluas-virus-korona-wuhan-sudah-tersebar-ke-17-negara-di-dunia-JUPkhmLIaC.jpg Virus korona Wuhan sudah tersebar ke 17 negara (Foto : Standard)

Virus korona yang mematikan pertama kali muncul di kota Wuhan, China pada Desember 2019. Sejak saat itu, virus korona Wuhan kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, mulai dari benua Asia, Eropa, dan Australasia.

Pihak berwenang China sendiri telah memblokade Provinsi Hubei, tempat di mana kota Wuhan berada. Bahkan sarana transportasi umum pun telah diberhentikan.

Sejauh ini, kasus virus korona China sudah teridentifikasi menyebar ke banyak negara, mulai dari Australia, Malaysia, Kamboja, Kanada, Jerman, Hong Kong, Jepang, Macau, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, hingga Vietnam.

Sebagaimana dilansir Standard, Rabu (29/1/2020), perkembangan teranyar menunjukkan daftar negara di atas bertambah panjang, dengan masuknya tiga negara lainnya yakni Dubai, Thailand, dan Prancis.

Di Dubai, disebutkan ada satu keluarga yang telah dites positif terinfeksi virus korona Wuhan . Menteri Kesehatan dan Perlindungan Masyarakat, mengumumkan bahwa anggota keluarga yang semuanya adalah orang China ini memang melakukan perjalanan dari Wuhan menuju Uni Emirat Arab. Sekarang dikatakan, satu keluarga ini dalam kondisi stabil di bawah pengawasan tenaga medis.

Virus Korona Wuhan

Sementara di Prancis, seejauh ini dikonfirmasi telah memiliki empat kasus. Pasien terbaru adalah orang China lanjut usia yang memang sampai di Prancis setelah mengunjungi Prancis. Direktur Kementerian Kesehatan, Jerome Salomon mengatakan pasien yang dalam kondisi serius ini tengah mendapatkan perawatan darurat di satu rumah sakit di Prancis.

Kemudian untuk di Thailand, disebutkan sejauh ini telah terdeteksi sebanyak 14 kasus. Sekretaris Kementerian Thailand, Sukhum Kanjanapimai, mengumumkan pada Selasa lalu bahwa enam kasus virus korona China terbaru yang ada di Thailand dialami oleh turis asal China yang datang dari Provinsi Hubei, kemudian masuk ke Thailand beberapa hari yang lalu.

Disebutkan pula, salah satu yang korban yang terinfeksi virus korona China ini adalah lima anggota di satu keluarga yang sama. Pasien dari enam kasus virus korona China di Thailand, sejauh ini tengah dirawat di rumah sakit yang berada di Provinsi Nonthaburi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini