nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Stem Cell untuk Terapi Kulit, Ampuh Atasi Penuaan Kulit

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 29 611 2159892 tren-stem-cell-untuk-terapi-kulit-ampuh-atasi-penuaan-kulit-GRalCn7NLq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGINJAK usia 20 tahunan, perempuan memang harus merawat kesehatan kulit. Selain menggunakan skincare, terapi stem cell diyakini dapat menjadi solusi.

Sebab seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan kulit dan jaringan. Sampai di atas 30 tahun, kulit pun menua dan perlahan-lahan keriput.

Pertama kalinya, tanda-tanda penuaan sering di wajah. Mulai dari elastisitas dan kelembaban kulit berkurang, kerutan bertambah, kulit menjadi lebih tipis dan kendur, dan berkurangnya volume jaringan lemak di bawah kulit.

Dokter Bedah Plastik dari Klinik Hayandra, dr Krista Ekaputri, SpBP- RE, mengatakan, untuk mengatasi penuaan di kulit, para ahli mencari solusi. Perbaikan yang dimulai dari tingkat sel dengan menggunakan teknologi stem cell atau sel punca.

Perbaikan yang dimulai dari tingkat sel dengan menggunakan teknologi stem cell atau sel punca.

"Saat ini sel punca tengah menjadi tren karena berfungsi menggantikan atau meregenerasi sel- sel di tubuh kita, yang mengalami kematian yang salah satunya disebabkan oleh penuaan tubuh," ucap Dokter Krista.

Berdasarkan literatur terkini, sumber sel punca yang paling banyak di tubuh kita berasal dari jaringan lemak. Proses pengambilan jaringan lemak di tubuh biasanya dilakukan oleh dokter yang memiliki kompetensi di bidang tersebut, yaitu dokter bedah plastik.

Sementara itu, sel punca yang teraman adalah yang berasal dari diri kita sendiri (autologus). Sel punca yang terkandung dalam SVF berjumlah miliaran sel tanpa proses kultur, yang merupakan sumber sel peremajaan kulit yang aman, praktis, efektif dan rendah risiko

"Saat dilakukan peremajaan kulit dengan teknik itu, elastisitas, kelembapan, ketebalan kulit akan meningkat dan menjadi lebih kencang," tambah Dokter Krista.

Selain itu, terapi ini juga dapat digunakan bersamaan dengan terapi fat graft. Fungsinya untuk menambah kekurangan volume jaringan lemak pada wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini