nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkenalan dengan Super Model China Lu Kaigang, Ubah Terpal Jadi Gaun Couture

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 13:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 30 194 2160629 berkenalan-dengan-super-model-china-lu-kaigang-ubah-terpal-jadi-gaun-couture-LkqrpiQsoj.jpg Lu Kaigang (Foto : Scmp)

Tidak terbayangkan sebelumnya, apa yang dipakai model ini adalah barang-barang bekas. Ya, Lu Kaigang merupakan model dengan kreativitas tanpa batas.

Super model asal China ini mampu tampil 'stunning' dengan outfit yang semuanya bukan dari brand kenamaan dunia. Namun, lihatlah hasilnya, sudah seperti pakaian desainer ternama, kan?

Namanya pertama kali dikenal di media sosial pada Mei 2018 setelah Lu Kagiang menampilkan foto dirinya berbusana super keren. Tapi, tahukah Anda bahwa busana itu terbuat dari barang bekas yang ada di rumahnya, sebut saja gorden tua, daun mati, bahkan keranjang sayuran.

Lu Kagiang adalah super model terkenal di internet. Samapi sekarang pengikutnya sudah mencapai 3 juta orang dan lebih dari 200 ribu netizen mengikutinya di Weibo, media sosial khusus warga China. Berkat kreativitasnya itu, Lu Kagiang sempat diundang secara khusus untuk datang ke London Fashion Week.

Pencapaiannya sekarang bukan tanpa kerja keras. Lu Kagiang ternyata punya masa lalu yang kurang beruntung dan itu yang kemudian membuat dirinya bangkit dan menjadi seterkenal sekarang.

Lu Kaigang

Pernah jadi pelayan restoran

Sebelum akhirnya menjadi fashionista dunia, Lu Kagiang ternyata pernah bekerja di salah satu restoran sebagai pelayan. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi penata rambut.

Dari berbagai pengalaman kerja, Lu mengatakan bahwa bekerja di pabrik adalah pekerjaan yang paling tidak bisa ia lupakan. Menurut penuturuan sepupunya, Lu Kaiwei, ia tidak bisa menikmati hidup saat menjadi karyawan pabrik.

"Lu itu satu-satunya karyawan yang bekerja di shift malam. Dia pernah bilang, dia tidak mau hidup seperti itu," kata Lu Kaiwei menjelaskan hidup Lu Kagiang.

Anak desa yang suka nonton fashion show

Lu Kagiang berasal dari keluarga miskin di suatu desa di China. Menurut beberapa sumber, Lu Kagiang ini berbeda dengan anak laki-laki desa kebanyakan. Ya, saat anak laki-laki senang main basket atau aktivitas luar rumah, Lu Kagiang lebih memilih nonton fashion show di rumahnya.

Aku tidak pernah ketinggalan nonton Victoria's Secret Fashion Show setiap musimnya," terang Lu Kagiang pada South China Morning Post dikutip Okezone, Rabu (29/1/2020).

Lu Kaigang

Karena itu, Lu sangat tertarik dengan dunia fashion. Ia terobsesi sekali untuk bisa menciptakan busana seperti apa yang dibuat rumah mode dunia. Brand kesukaan Lu adalah Dior dan desainer yang ia jadikan 'role model' adalah John Galliano.

Koleksi pertama Lu terbuat dari daun palem

Pada Mei 2018, Lu kepikiran untuk membuat suatu karya fashion yang original. Setelah mendapatkan ilham, ia kemudian meminta sepupunya untuk merekam semua momen dari dirinya membuat koleksi hingga mempresentasikannya layaknya model Victoria's Secret. "Aku nggak kebayang dengan apa yang dilakukan Lu," terang Lu Kaiwei.

Koleksi pertama Lu terbuat dari daun palem lengkap dengan hiasan kepala dan hiasan dada. Dia sendiri yang menjadi model saat mempresentasikan koleksi tersebut. Jalan depan rumahnya ia jadikan sebagai panggung runway-nya.

Lu Kaigang

Lu mengatakan, saat itu tidak ada orang yang peduli dengan apa yang ia kerjakan. Meski begitu, Lu tidak putus asa. Ia tetap mencipta karya mode lainnya hingga tercipta sembilan busana. Semuanya ia videokan dan disebar di media sosialnya.

Sampai akhirnya usahanya berbuah manis. Pada Agustus 2019, salah satu videonya viral. Setelah itu Lu kebanjiran penggemar. Dia menceritakan kalau ada 1000 netizen mengikutinya hanya dalam satu malam saja. Tidak hanya itu, seorang manajer menawarkan diri untuk mengelolanya.

Sosok tersebut adalah Yu You. Ia merasa kalau Lu Kaigang punya bakat yang luar biasa dan keistimewaan itu harus diasah dan dikelola dengan tepat. "Setelah video Lu viral, aku langsung menghubunginya," kata You.

Kesuksesan pun diraih Lu Kaigang

Karier Lu semakin cemerlang. Setelah menjadi super model terkenal di internet, pada November 2019 pihak Goldthread mengajak Lu untuk melakukan pemotretan profesional untuk editorial Elle.

"Aku nggak pernah pergi jauh dari rumah," ceritanya sebelum pemotretan itu terjadi. Ia melanjutkan, apa yang dia lakukan dengan fotografer profesional sangat berbeda dengan apa yang sepupunya kerjakan. Tapi, dari sana ia mendapat banyak pelajaran.

Sebelum pemotretan terjadi, Lu diminta khusus untuk menciptakan suatu karya mode baru. Ia diminta membuat pakaian couture menggunakan tas laundry, sarung tangan karet, dan lakban. Tidak hanya itu, ia pun ditantang untuk memanfaatkan terpal putih yang ia jadikan sebagian gaun super cool. Pakaian ini ia tampilkan di jalanan Hong Kong.

Lu Kaigang

"Aku nggak paham dengan istilah dalam dunia dressmaker, jadi, ya, aku kerjakan seperti aku lakukan biasa di rumah. Teknik yang digunakan juga, ya, seperti apa yang aku lakukan di rumah. Aku benar-benar melakukan ini tanpa ilmu yang benar," terang Lu.

Lu merasa bangga bahwa dirinya diberi keistimewaan untuk bisa membuat suatu pakaian yang indah dan bernilai mahal tanpa ilmu sebelumnya. Ia pun tak menyangka bahwa cita-citanya yang ingin menjadi model terkabul sekarang bahkan dia kini terkenal sebagai desainer pakaian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini