nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kuliner Khas Bondowoso Wajib Dicoba, Ada Pia Tape hingga Kopi Blangkon!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 19:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 30 298 2160847 5-kuliner-khas-bondowoso-wajib-dicoba-ada-pia-tape-hingga-kopi-blangkon-efpG6f8HXK.jpg Pia tape dan kopi blangkon (Foto : Wisatajawatimur)

Bondowoso, sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya sehingga menjadi destinasi wisata menarik.

Di sisi lain, kabupaten satu ini juga menawarkan ragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Jadi penasaran kan, apa saja sih kuliner khas Bondowoso yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana. Menghimpun berbagai sumber, Kamis (30/1/2020) simak ulasan singkat lima kuliner khas Bondowoso di bawah ini.

Tape manis

Tape Manis

(Foto : @disperindagprovjatim/Instagram)

Sebagai daerah penghasil tape, tidak heran tapi jadi salah satu kuliner yang dijagokan oleh Bondowoso. Tapi jangan salah, tape khas Bondowoso konon kabarnya punya rasa yang khas loh, sebab didominasi oleh rasa manis ketimbang rasa asam dari fermentasi ragi. Begitu juga teksturnya yang lebih halus nan lembut.

Kopi blangkon

Kopi Blangkon

(Foto : Wisatajawatimur)

Memiliki ‘kampung kopi’, rasanya tak afdol jika ke Bondowoso maka tak mencicipi olahan kopi khas Bondowoso yakni kopi blangkon yang ketenarannya sudah melanglang buana hingga mancanegara. Berbeda dengan kopi biasa pada umumnya, kopi blangkon ala Bondowoso ini dikombinasikan bersama rempah-rempah khas Indonesia, mulai dari kunyit, kayu manis, jahe, serai dan juga jeruk purut.

Nasi mamong

Nasi Bakar Mamong

(Foto : Pojokpitu)

Nasi singkong yang diisi bersama suwiran daging ayam, ikan teri, dan daun kemangi lalu dimasak dengan cara dibakar baru kemudian disantap bersama irisan bawang dan kerupuk. Gurih nan sedap!

Pia tape

Pia Tape

(Foto : Wisatajawatimur)

Tidak hanya diolah sebagai tape manis, tapi tape ala Bondowoso juga banyak diolah menjadi sajian berbentuk pia. Diolah jadi kue, maka tak heran seringnya pia tape ini dijadikan buah tangan alias oleh-oleh khas Bondowoso, karena tak hanya tahan lama tapi juga praktis.

Rujak gobet

Rujak Gobet

(Foto : Wisatadanhotelmurah)

Alih-alih menggunakan aneka ragam buah-buahan, rujak segar dan pedas khas dari Bondowoso ini dibuat menggunakan singkong mentah sebagai bahan utama. Kemudian dicampurkan bersama irisan timun dan aneka sayuran mentah lainnya. Sambal rujaknya dibuat dari bumbu petis khas Madura yang dicampur bersama kacang tanah goreng. Gurih, segar, dan pedas menggugah selera!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini