Hoax Virus Korona, dari Tenggorokan Kering hingga Bibir Berdarah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 612 2160730 hoax-virus-korona-dari-tenggorokan-kering-hingga-bibir-berdarah-Xe6uZF8Jgr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH tengah menjajaki kemungkinan untuk melakukan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, China. Pasalnya, peredaran virus Korona (corona virus/2019-nCov) sudah semakin luas.

Memang informasi terkait virus Korona Wuhan sangat masif beredar, lantaran penyakit ini sudah menyebar ke lebih dari 15 negara. Tapi bukan hanya informasi yang berguna saja yang menyebar, ada beberapa informasi yang tidak benar juga ikut menyebar.

Sebelumnya, ada video memperlihatkan masyarakat China yang terinfeksi virus korona Wuhan terkapar di jalanan, padahal foto tersebut sebetulnya adalah aksi seni yang dilakukan masyarakat Jerman dalam mengenang 528 korban dari 'Katzbach' Nazi di Frankfurt.

Selain itu, ada juga berita bahwa rumah sakit khusus virus korona Wuhan dibangun hanya dalam waktu 16 jam. Faktanya ialah China memang membangun rumah sakit khusus virus korona Wuhan, tapi dalam waktu 6 hari, bukan 16 jam.

Nah, belum lama ini ada lagi informasi soal bagaimana virus Wuhan menyebar ke manusia

 China memang membangun rumah sakit khusus virus korona Wuhan, tapi dalam waktu 6 hari, bukan 16 jam.

Di WhatsApp beredar banyak informasi mengenai wabah yang satu ini, salah satunya adalah tentang bagaimana virus masuk ke dalam tubuh. Diterangkan di sana kalau virus korona Wuhan ini bisa menyerang tubuh karena tenggorokan kering. Makanya, sangat disarankan untuk terus terhidrasi dengan baik.

Sementara itu, fakta menjelaskan bahwa informasi itu bukan dari sumber resmi dan sejauh ini WHO pun hanya memberikan 'travel advisory' belum ada kedaruratan serius mengenai masalah ini. Masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh untuk menghindari paparan virus korona Wuhan.

Video ini pun bukan tentang virus korona Wuhan, karena sudah dibagikan di media sosial sejak 5 tahun yang lalu. So, jangan percaya lagi, ya.

Virus korona Wuhan sebabkan bibir berdarah dan mengeluarkan virus

Bisa dijelaskan, dari bibir pasien itu keluar darah dan 'benda' aneh yang menyeramkan.

Suatu video 'menyeramkan' tengah beredar di masyarakat terkait virus korona Wuhan. Di keterangan itu dijelaskan bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi virus korona Wuhan. Bisa dijelaskan, dari bibir pasien itu keluar darah dan 'benda' aneh yang menyeramkan.

Namun, dapat dipastikan bahwa video itu adalah hoax. Sebab, jika Anda percaya yang keluar itu adalah virus, Anda salah besar, karena itu adalah belatung. Virus hanya bisa dilihat melalui mikroskop, bukan dengan mata telanjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini