nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Virus Korona, Ini 3 Cara Perkuat Imunitas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 14:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 31 481 2161210 hindari-virus-korona-ini-3-cara-perkuat-imunitas-l53xlB3rAZ.jpg Ilustrasi. (Psychologies)

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto berulang kali menekankan pentingnya menjaga imunitas dalam mencegah penularan virus korona (coronavirus/2019-nCoV). Sebab imunitas menjadi kunci penting seseorang agar terhindar dari berbagai penularan penyakit.

Meskipun virus korona tengah mewabah di banyak negara, belum ada satu pun ahli medis yang berhasil menemukan vaksin atau anti-virus, yang dapat menangkal dan menyembuhkan virus tersebut. Maka langkah jitu untuk mencegah penularan virus korona tersebut adalah dengan menjaga imunitas.

"Virus lawannya hanya imunitas, kalau imunitas tubuh kita baik, enggak usah takut sama virus," tutur Menkes Terawan di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

olahraga

Di kesempatan berbeda, Ketua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih, SH, MH, menjelaskan, karena belum ditemukan vaksin atau anti-virus yang dapat menyembuhkan virus korona Wuhan, salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS). Langkah ini membuat imunitas tubuh akan meningkat, sehingga terhindar dari berbagai serangan virus maupun kuman penyakit.

"Rutinlah mencuci tangan dan memakai masker. Jika akhirnya virus itu masuk, masih bisa dilawan bila daya tubuh kita kuat. Ini berlaku untuk seluruh virus, bukan hanya virus korona," ucap Dokter Daeng.

Lebih lanjut Dokter Daeng menjelaskan, setidaknya ada tiga cara ampuh dan sederhana untuk meningkatkan imunitas tubuh. Caranya istirahat yang cukup, rutin berolahraga atau beraktivitas fisik yang cukup. Masyarakat juga diimbau untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

"Kalau virus masuk ke badan yang sehat, dokter penatalaksanaannya tinggal memberi pengobatan suportif, karena belum ada vaksin dan obat buat korona baru," terang Dokter Daeng.

Suportif itu, sambung Dokter Daeng, maksudnya mendorong daya tahan tubuh agar tetap bagus. Pada hakekatnya, hampir seluruh virus itu masuk dalam kategori self limited disease atau bisa mati sendiri.

"Jadi agar badan tetap bugar dan daya tahan tubuh kuat, terapkanlah pola hidup sehat dan bersih, serta mengonsumsi makanan yang bergizi. Bisa juga dibantu dengan vitamin," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini