nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 RS di Jakarta Siap Periksa WNI yang Dipulangkan dari China

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 19:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 31 481 2161482 3-rs-di-jakarta-siap-periksa-wni-yang-dipulangkan-dari-china-qsoKcdbqik.jpg Persiapan rumah sakit hadapi WNI dari China (Foto: Leonardus/ Okezone)

Wabah virus korona Wuhan coronavirus 2019-nCoV telah menggemparkan masyarakat dunia. Pemerintah Indonesia berencana untuk mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, China.

Tentunya untuk memulangkan kembali WNI ke Tanah Air, tidak semudah seperti yang dibayangkan. Perlu dilakukan skenario agar proses tersebut bisa berjalan dengan sempurna. Salah satunya adalah dengan menyediakan rumah sakit yang akan menskrining para WNI yang dievakuasi.

 mencegah virus korona Wuhan menyebar

Mencegah virus korona Wuhan (Foto: Inews)

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Muhammad Syahrial mengatakan, tiga rumah sakit di Jakarta telah disiapkan untuk menangani soal virus korona Wuhan. Ketiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Persahabatan, Rumah Sakit Gatot Subroto, Rumah Sakit Sulianti Saroso.

“Kami telah menyediakan 11 ruang isolasi ketat yang menampung satu orang satu untuk menangangi pasien yang terdampak. Kami juga telah menyediakan 50 tenaga medis yang selalu siap sedia,” terang dr. Syahrial, saat diwawancarai Okezone di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Senada dengan dr. Syahrial, Direktur Utama Rumah Sakit Persahabatan, dr. Rina Rogayah menyatakan siap menangani virus korona Wuhan. Sejumlah fasilitas, tenaga medis, dan planning pun telah dipersiapkan secara matang.

“Jadi kami sudah siap dan sudah memiliki skenario kalau harus memindahkan atau merujuk pasien lain yang bukan kasus pantauan kami,” ungkap dr. Rina Rogayah.

Seperti diketahui, Indonesia akan memulangkan 249 orang WNI yang dikarantina di Wuhan, China. Saat ini pemerintah sedang mengumpulkan keseluruhan dari WNI dan akan dipulangkan secepat mungkin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini