Ini Manfaat Yoga bagi Ibu Hamil

Jum'at 31 Januari 2020 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 481 2161503 ini-manfaat-yoga-bagi-ibu-hamil-k9uyHRac9I.jpg Ibu hamil (Foto: The Bump)

Selama ini ibu hamil kadang merasa takut menghadapi proses kehamilan dan proses persalinan. Padahal itu bagian dari proses hidup.

Ibu hamil disarankan mengikuti kelas prenatal guna membantunya mendapatkan informasi yang benar dan ilmu baru dari pakar. Kelas ini juga bisa membantu ibu menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan mental selama kehamilan hingga menjelang proses kelahiran.

 ibu hamil

Menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan bisa dilakukan dengan memilih olahraga yang sesuai. Sebelum berolahraga, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Selain itu, olahraga yang dilakukan ibu hamil tidak boleh berlebihan. Salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah yoga.

Dokter Umum dan Fasilitator Prenatal Gentle Yoga di RS PKU Muhammadiyah Solo, Nugrahani Utami mengatakan, kelas yoga yang aman diikuti ibu hamil adalah prenatal gentle yoga.

Prenatal gentle yoga, terang dia, merupakan rangkaian kegiatan aplikasi yoga yang bermanfaat untuk ibu hamil guna mencapai keseimbangan antara tubuh yang sehat, pikiran jernih, dan emosi stabil.

“Yoga untuk ibu hamil tidak dibatasi usia kehamilan, kecuali ada keluhan mual dan tekanan darah sebaiknya dimulai di usia kandungan 20 pekan,” ujar Nugrahani Utami.

Seperti dilansir dari Solopos.com, kelas prenatal gentle yoga dimulai dengan pemanasan dilanjutkan latihan pernapasan yang merupakan salah satu kunci paling penting dalam proses persalinan. Pose yoga juga disesuaikan dengan keluhan ibu atau usia kehamilan.

Yoga diakhiri dengan fase relaksasi yang bertujuan agar ibu semakin terhubung dengan bayi.

“Di kelas prenatal gentle yoga di RS PKU Muhammadiyah Solo dilanjutkan kelas kahamilan bisa berupa materi atau diskusi bebas mengenai kehamilan,” ujarnya.

Mengikuti kelas prenatal gentle yoga punya segudang manfaat, salah satunya menurunkan kecemasan. Sebab, peserta prenatal gentle yoga dilatih bermeditasi, pranayama (pernapasan), afirmasi positif, dan kelas edukasi tentang serba-serbi melahirkan.

Yoga juga bermanfaat mengurangi keluhan semasa kehamilan. Keluhan ini muncul karena perubahan drastis dari hormon, pengalaman emosional (yang biasanya tidak dikenali ibu), postur tubuh yang salah, dan masalah kehamilan lainnya.

Selain itu, yoga juga melatih kelenturaan otot dasar panggul, meningkatkan kekuatan fisik, dan mental ibu. Serta menguatkan otot inti tubuh, dari kaki sampai kepala.

Tak ketinggalan, yoga juga memberi ruang lebih lega kepada bayi dengan memperbaiki postur anatomi normal wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini