Tips Darius Sinathrya agar Anak Rajin Bersihkan Kamar Mandi Sendiri

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 196 2161701 tips-darius-sinathrya-agar-anak-rajin-bersihkan-kamar-mandi-sendiri-BwXG0Fi9xn.jpeg Darius Sinathrya (Foto : Heru Haryono/Okezone)

Menjaga kebersihan setiap sudut rumah adalah hal yang sangat penting, termasuk kamar mandi. Menumbuhkan kesadaran pentingnya membersihkan kamar mandi inilah yang dilakukan oleh Darius Sinathrya kepada ketiga anaknya, Lionel, Diego dan Sabrina.

Darius Sinathrya mengatakan bahwa bukan hal mudah mengajak ketiga anaknya untuk rajin membersihkan kamar mandi. Darius mengaku butuh waktu dan kesabaran untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya kebersihan kamar mandi kepada anak-anak mereka.

“Biasanya aku sama Donna ngajarin numbuhin kesadarannya dulu sambil berproses. Dimulai dari awalnya ngajarin yang cowok-cowok, biasanya suka males ngangkat dudukan toilet. Hal-hal kayak gitu saja dulu, sebetulnya simpel tapi suka malas dilakuin,” ujar Darius kala dijumpai Jumat (31/1/2020) di kawasan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

Darius Sinathrya

Demi mendidik ketiga anaknya untuk mandiri dan terbiasa membersihkan kamar mandi, presenter tampan satu ini menanamkan nilai self-aware pada Lionel, Diego dan Sabrina. Sebagai ayah, Darius mencoba memberikan contoh langsung kepada ketika anaknya tentang gaya hidup bersih, salah satunya rajin membersihkan kamar mandi sendiri tanpa harus perlu menunggu orang lain yang melakukan.

“Dari hal-hal simpel yang diajarkan, dari situ lanjut ngajarin untuk rutin membersihkan. Numbuhin kesadaran diri sendiri, jangan nunggu orang lain yang bersihin. Saya pribadi suka ngecek sih, kalau enggak dikerjain ya kita tegur pelan. Butuh waktu panjang tapi kudu sabar, kebiasaan yang harus dibiasakan kita orangtua kasih penjelasan dan contoh langsung yang baik. Jangan apa-apa anak langsung diomeli,” pungkas Darius.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini