Es Kopi dari Berbagai Negara dengan Racikan yang Khas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 298 2161902 es-kopi-dari-berbagai-negara-dengan-racikan-yang-khas-YwZQzSZE4R.jpg Cha Phe Da es kopi dari Vietnam (Foto : Huffingtonpost)

Es kopi masih menjadi tren di Indonesia dengan berbagai varian yang semakin bertambah. Tapi, apakah Anda sudah pernah mencicipi es kopi di negara lain?

Tidak seperti yang Anda bayangkan pastinya. Es kopi di beberapa negara ini tidak seperti kebanyakan di Indonesia yang dikenal dengan sebutan cold brew.

Beberapa negara ini memilih menikmati racikan es kopi tradisional dengan sedikit tambahan bumbu khas dari daerah masing-masing.

Berikut es kopi dari berbagai negara seperti dikutip dari Huffingtonpost :

Aisu Kohi, Jepang

Es Kopi Jepang

Untuk membuat es kopi khas Jepang, teknik pengolahannya ternyata sangat praktis dan sederhana. Kopi langsung diseduh di atas es yang berarti Anda bisa langsung menikmati langsung tanpa perlu mendinginkannya. Selain praktis dan efisien, cara ini juga menciptakan rasa yang cukup kompleks yang tidak terdapat pada racikan cold brew.

Ca Phe Da, Vietnam

Berbicara soal es kopi, tidak lengkap rasanya jika belum membahas racikan es kopi susu khas Vietnam. Sama seperti racikan oliang, proses pengolahan es kopi Vietnam juga terbilan unik.

Es Kopi

Terkadang kopi diseduh dengan sawi putih dan campuran biji kopi arabika dan robusta. Perpaduan tersebut akan menghasilkan tekstur kopi yang kasar namun akan terasa nikmati ketika dicampurkan dengan susu kental manis.

Frappe, Yunani

Yunani membuktikan bahwa ada tiba saatnya kopi instan dapat diolah dengan sedemikian rupa sehingga rasanya akan semakin lezat. Racikan ini dikenal dengan sebutan frappe.

Secara tradisional, frappe terbuat dari bubuk kopi instan, yang diseduh dengan air panas dan susu, lalu diaduk dan disajikan dengan es dan gula secukupnya. Minuman ini sering dikonsumsi untuk melepaskan dahaga di sore hari yang panas.

Oliang, Thailand

Es Kopi

Sedikit berbeda dengan olahan es kopi pada umumnya, es kopi tradisional khas Thailand diseduh dengan campuran kacang kedelai, biji wijen, dan jagung. Campuran inilah yang membuat cita rasa kopi menjadi lebih “nendang”. Tidak hanya itu, kopi juga akan dilapisi es dengan susu kental manis untuk menciptakan rasa manis yang menggugah selera. Namun, ada pula yang mengganti susu kental manis dengan susu murni dan simple syurp.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini