Ini Jenis-Jenis Penyakit Paru Beserta Gejalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 481 2161961 ini-jenis-jenis-penyakit-paru-beserta-gejalanya-22EYITTX6V.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PARU-PARU merupakan salah satu organ sensitif yang ada dalam tubuh manusia. Paru bisa rusak akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti karena kebiasaan merokok dan lain-lain.

Tentunya penyakit paru-paru yang ada di dunia memiliki banyak jenis dan gejala yang berbeda-beda. Lalu penyakit apa saja yang terkait dengan paru-paru?

1.Asma

 

Ilustrasi. Foto: Indiana Express

Terkadang asma bisa timbul secara tiba-tiba disebabkan karena adanya alergi. Selain itu asma juga bisa timbul akibat menurunnya imunitas tubuh sehingga mudah terserang penyakit tersebut.

Ahli Penyakit Paru Kronis dan Gangguan Imunologi, dr Theresia Sandra Diah Ratih MHA mengatakan, tanda-tanda anak terkena asma adalah bisa dideteksi dengan gejala batuk dan pilek secara terus-menerus. Ada juga tanda khusus yang terlihat seperti suara menyerupai kucing yang ada di dalam dadanya, contohnya ngik, ngik, ngik.

2.PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis)

 

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Spesialis Paru, Prof. Dr. dr. Faisal Yunus, Sp.P(K) FCCP menuturkan PPOK atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) adalah penyakit yang rata-rata menyerang usia tua dan sifatnya akan terus memburuk dari waktu ke waktu.

PPOK ini lebih mirip seperti asma, hanya saja dialami oleh orang di usia tua. PPOK tidak bisa sembuh dan sifatnya akan terus memburuk secara lambat.

Gejalanya adalah batuk yang berlendir, napas pendek, sesak napas, serta cepat lelah terutama saat melakukan aktivitas. Jika dibiarkan terus menerus, maka penyakit paru-paru ini bisa menimbulkan kecacatan bagi para penderitanya.

3.Pneumonia

Pneumonia adalah suatu kondisi terjadinya infeksi di satu atau dua bagian paru-paru. Infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Infeksi inilah yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan paru yang disebut dengan Alveoli. Kondisi paru-paru terisi cairan atau nanah yang membuat kesulitan bernapas.

Gejala pertama yang bisa dilihat paling mudah adalah batuk berdahak atau berlendir, keringat dingin, demam, napas terengah-engah ketika melakukan aktivitas normal atau bahkan ketika beristirahat.

Tidak hanya itu, perhatikan juga jika bagian dada terasa sakit yang bertambah parah saat bernapas atau batuk. Ditambah lagi dengan gejala lainnya, mulai dari sakit kepala, hilangnya selera makan, merasa lelah, mual hingga muntah.

4.Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada saluran bronkial yang merupakan saluran udara yang membawa udara ke paru-paru. Dilansir dari Florida Medical Clinic, bronkitis bisa terjadi akibat virus, bakteri, atau juga lingkungan dan biasanya ditandai dengan pilek dan flu.

Gejala penyakit ini adalah batuk terus menerus hingga berdahak, demam rendah, bengek, sesak napas, dan sesak dada.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini