Cara Singkat Atasi Mata Kering Tanpa Obat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 481 2161989 cara-singkat-atasi-mata-kering-tanpa-obat-RTC9BD5xpR.jpg Ilustrasi. (Eyechoice)

SERING berhadapan dengan gawai, membuat Anda rentan mengalami mata kering. Ada cara mudah mengatasinya enggak perlu pakai obat.

Ketika Anda mengalami mata kering, pasti aktivitas terganggu. Lebih baik Anda mencegah supaya dampaknya tidak berbahaya.

Dilansir Okezone dari Boldsky, Minggu (2/2/2020), berikut tiga cara mengatasi mata kering tanpa minum obat. Seperti apa langkahnya?

Kompres air hangat

mata kering

Air mata terbuat dari air, lendir dan minyak, yang diperlukan untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan sehat. Kompresan air hangat telah terbukti mengobati mata kering ,yang terkait dengan disfungsi kelenjar meibom, penyebab utama mata kering.

Caranya, ambil kain bersih dan rendam dalam air hangat. Lalu peras air berlebih dan letakkan di mata Anda selama 5-10 menit.

Banyak minum air

Minum banyak air tak hanya membuat tubuh segar, namun juga baik untuk mata Anda. Kebiasaan ini akan membantu melumasi mata Anda dan membuatnya tetap lembap. Hasilnya juga akan membantu produksi lebih banyak air mata. Minumlah 8 hingga 10 gelas air setiap hari, jangan sampai terlewat.

Sering berkedip

Kalau Anda lebih sering menatap laptop, ponsel, atau layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata kering. Maka Anda disarankan untuk lebih sering berkedip untuk membantu meningkatkan kesehatan mata, juga membuatnya tetap lembap. Pejamkan mata Anda setiap 20 menit selama 20 detik.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini