Menguji Kebenaran Makanan Pembersih Paru-Paru, Seberapa Efektif?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 481 2162026 menguji-kebenaran-makanan-pembersih-paru-paru-seberapa-efektif-VzpRBvhbtn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PARU-PARU menjadi salah satu organ terpenting di dalam tubuh karena fungsinya yang sangat vital. Mulai dari sebagai alat respirasi, pelindung organ lain, pengendalian pH darah, pelindung terhadap infeksi yang dibawa oleh yang masuk ke dalam tubuh, hingga menciptakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan paru-paru mereka, akibat kebiasaan menghirup asap rokok dan tidak melindungi diri dari polusi udara.

Bila dibiarkan terus menerus, kualitas paru-paru pun akan menurun dan rentan terserang berbagai penyakit berbahaya, seperti pneumonia, tuberkolosis, bronkitis, hingga kanker.

Sebenarnya, paru-paru dapat membersihkan sendiri. Hanya saja, membutuhkan waktu yang cukup lama dalam prosesnya, apalagi jika kita malas berolahraga dan terus merokok setiap harinya.

Paru-paru kotor

Salah satu cara cepat untuk membersihkan paru-paru adalah dengan terapi uap, yang tentu saja memakan biaya tidak sedikit.

Nah, mereka yang tidak mau membuang biaya banyak dan enggan berhenti merokok serta berolahraga pun mencari jalan pintas lainnya, yakni dengan makanan. Ya, beberapa makanan seperti jahe, kunyit, apel, bawang putih, teh hijau hingga salmon diklaim dapat membersihkan paru-paru.

Memang makanan tersebut memiliki kandungan dan sifat anti-inflamasi yang dapat menghilangkan racun. Tapi, benarkah ampuh untuk membersihkan paru-paru?

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P(K), mengatakan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan paru adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok dan melindungi diri dari polusi udara.

"Buat perokok ya harus berhenti merokok. Hindari pula polutan atau daerah-daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Kalau pun terpaksa, setidaknya gunakan masker pelindung," terang dr. Agus Dwi Susanto saat dihubungi Okezone, Minggu (2/2/2020).

Asap rokok

Terkait rumor yang beredar tentang makanan yang diklaim dapat membersihkan paru-paru, Agus menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada satu pun penelitian yang membuktikan jenis makanan tertentu bisa membersihkan paru-paru manusia.

"Sebenarnya tidak ada istilahnya 'makanan yang membersihkan dampak dari asap rokok atau polusi'. Kalau makanan yang dapat mengurangi dampak dari paparan asap rokok dan polusi itu memang ada," jelasnya.

Agus menambahkan, makanan yang dia maksud adalah makanan yang mengandung antioksidan. Sejumlah peneliti bahkan telah melakukan riset terkait hal ini.

Disebutkan bahwa makanan yang mengandung antioksidan dapat mengurangi dampak oksidasi dari paparan asap rokok maupun polusi.

"Tapi ingat, risetnya pun belum terlalu banyak. Jadi tidak bisa direkomendasikan sepenuhnya. Untuk makanannya sendiri bisa sayuran berdaun hijau atau buah-buahan," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini