nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Itu Penyakit Kawasaki yang Diidap Bayi Selvi Kitty?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 12:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 02 481 2162059 apa-itu-penyakit-kawasaki-yang-diidap-bayi-selvi-kitty-F1lZLmt2uV.jpg Ilustrasi. (Heart)

BAYI laki-laki Pedangdut Selvi Kitty, Abizard Kavin Suseno, yang masih berusia 11 bulan didiagnosis mengidap penyakit kawasaki. Banyak gejala dari penyakit langka ini yang mesti Anda waspadai

Dalam dunia medis, penyakit langka itu disebut dengan Kawasaki Disease (KD). Karena penyakit kawasaki, Baby Abizard masih dalam penanganan intensif.

Selvi Kitty menjelaskan, penyakit kawasaki itu belum dapat disembuhkan total, sehingga membuatnya sangat terpukul. Sebagai tindakan lanjutan, ia hanya bisa memastikan bahwa anaknya selalu dalam lingkungan yang bersih dan steril.

Nah, jika Anda masih belum familier dengan penyakit kawasaki, Okezone coba menjelaskan secara singkat apa penyakit ini. Seperti apa penjelasannya?

Dilansir dari Facty, Minggu (2/2/2020), penyakit kawasaki adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan pembuluh darah, yang tidak diketahui asalnya. Kasus ini paling banyak terjadi pada kelompok usia anak-anak, yang dapat memengaruhi pembuluh jantung.

ilustrasi

Penyakit kawasaki lebih banyak dialami anak laki-laki daripada perempuan. Pertama kali ditemukan pada 1967 dan sosok penemunya bernama Tomisaku Kawasaki. Kemudian nama itu yang dijadikan sebutan untuk penyakit ini.

Penyakit kawasaki adalah penyebab utama penyakit jantung pada anak-anak. Tetapi dengan perawatan yang efektif, hanya sebagian kecil anak yang memiliki kerusakan permanen.

Timbulnya gejala penyakit kawasaki harus dengan cepat memperingatkan orangtua untuk meminta saran dokter. Durasi rata-rata penyakit kawasaki adalah 8 minggu.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini