nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Selvi Kitty Idap Penyakit Kawasaki, Kenali 10 Gejalanya Moms

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 02 481 2162067 bayi-selvi-kitty-idap-penyakit-kawasaki-kenali-10-gejalanya-moms-2TccASuf95.jpg Ilustrasi. (Medicalnewstoday)

ADA beragam gejala penyakit kawasaki yang diidap bayi Selvi Kitty. Anda pun harus mewaspadai penyakit ini agar tidak mengancam nyawa.

Meskipun penyakit ini jarang diidap seseorang, gejala penyakit kawasaki mudah dikenali. Diawali dengan demam, kulit ruam, hingga pembesaran kelenjar getah bening.

Dilansir Okezone dari Facty, berikut 10 gejala penyakit kawasaki yang harus Anda kenali. Yuk simak!

Demam

ilustrasi

Demam merupakan gejala umum ketika seseorang terserang penyakit. Namun, pada kasus penyakit kawasaki, pasien punya kekhasan yaitu suhunya bisa lebih dari 39 derajat Celsius, berlangsung selama 5 hari atau bahkan lebih.

Peradangan seluruh tubuh datang sebagai salah satu respon paling alami dari sistem kekebalan tubuh. Karena masih belum memiliki cara yang tepat untuk memerangi penyakit. Penyakit kawasaki tidak menular dan sangat jarang menyerang orang dewasa, mungkin karena sistem kekebalan tubuh mereka jauh lebih kuat.

Ruam

Ruam juga adalah tanda umum yang banyak terjadi pada anak-anak. Pada kasus penyakit kawasaki, pasien akan mengalami ruam yang menyebar di banyak area tubuh dan berlangsung cukup panjang dan pada beberapa kasus sampai terjadi pengelupasan kulit pada fase pemulihan.

Mata merah

Penyakit kawasaki juga bisa ditandai dengan memerahnya area mata anak. Kekhasan tanda ini adalah bilateral, intens, dan tidak terkait dengan sekresi. Mata merah menjadi salah satu tanda paling mudah untuk mengenali penyakit kawasaki.

Muncul kemerahan di kulit

Pada pasien kawasaki, mereka akan mengalamj kemerahan pada area tangan dan kaki. Pada beberapa kasus pun terjadi pembengkakan pada bibir akibat penyebaran lewat mulut.

Bibir pecah-pecah

Tanda lain yang bisa muncul dari penyakit kawasaki adalah bibir pecah-pecah bahkan sampai berdarah. Ini juga menjadi tanda bahwa penyebab penyakit kawasaki masuk lewat mulut. Selain bibir pecah, anak juga akan mengalami pembengkakan pada lidah yang kerap disebut lidah stroberi. Lidah putih pun jadi tanda lain masalah ini.

Nyeri sendi

Pasien penyakit kawasaki pun akan mengalami nyeri sendi di kedua sisi tubuh, baik sendi kecil maupun besar. Ketika anak Anda mengeluhkan nyeri sendi atau geraknya tak selincah biasanya, maka coba periksakan lebih lanjut.

Pembesaran kelenjar getah bening di leher

Gejala lain dari penyakit ini adalah pembesaran kelenjar getah bening di salah satu sisi leher disertai dengan demam.

Sakit perut

Pada beberapa kasus penyakit kawasaki mengakibatkan perut anak sakit. Nah, kalau anak Anda mengeluhkan kondisi ini disertai gejala lainnya, ada baiknya Anda memeriksakan lebih lanjut kesehatannya ke pusat pelayanan kesehatan.

Diare

Tidak hanya sakit perut, penyakit ini pun menyebabkan diare. Kondisi ini bisa terjadi karena keterlibatan pembuluh darah yang difus atau akibat kondisi lain yang memicu penyakit kawasaki.

Mudah marah

Pada beberapa pasien kawasaki anak, mereka dilaporkan lebih mudah marah karena sensitif terlebih saat fase akut. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu 10 hari setelah gejala pertama kali muncul. Jadi, kalau tiba-tiba anak Anda gampang marah disertai gejala lainnya, Anda mesti waspada peyakit kawasaki sedang menyerang anak Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini