Konsumsi Minyak Ikan Cegah Risiko Radang Sendi

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 481 2162111 konsumsi-minyak-ikan-cegah-risiko-radang-sendi-b71G0HK7Qo.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

GENERASI milenial gemar menjalani banyak aktivitas, hingga di luar kapasitas tubuhnya. Hal itulah yang membuatnya rentan terkena radang sendi.

Ketika mengalami radang sendi, pasti aktivitas terganggu. Selain rasa nyeri hebat, Anda pun mudah stres.

Spesialis Kedokteran Medik dan Rehabilitasi Medik dr Deasy Erika, SpKFR menjelaskan, radang sendi atau osteoartritis adalah kondisi peradangan pada sendi, akibat penurunan cairan sendi dan penipisan tulang rawan. Gangguan penyakit itu juga membuat bantalan tulang pada sendi bergesekan.

radang sendi

"Kondisi ini terjadi bertahap dan semakin parah jika tidak segera diatasi. Penyakit ini tidak pandang usia, penderitanya bisa dari kalangan milenial alias anak muda," kata dr Deasy.

Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan dalam mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko terkena osteoartritis. Umumnya, mereka yang menderita penyakit ini harus meminum obat tertentu sebagai pereda nyeri.

Seperti dikutip dalam keterangan pers H2 Green Lipped Mussel, penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, tentu tidak baik bagi kesehatan. Beberapa upaya dapat dilakukan oleh generasi milenial, untuk mencegah datangnya penyakit ini.

"Misalnya saja butuh istirahat yang cukup, mengurangi makanan tinggi lemak dan tinggi gula, olahraga rutin menjadi hal yang umum dalam menjaga kesehatan," terangnya.

Tapi terkadang, upaya-upaya tersebut dinilai masih belum cukup untuk dapat menjaga kesehatan sendi. Dibutuhkan vitamin D, omega-3 dan zat gizi lainnya untuk melengkapi pemeliharaan sendi. Kedua kandungan gizi ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi minyak ikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini