nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Flu Burung Kembali Mewabah di China, Kemenkes: Kami Sudah Punya Pengalaman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 15:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 03 481 2162517 flu-burung-kembali-mewabah-di-china-kemenkes-kami-sudah-punya-pengalaman-u8ynzZ5i2B.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELUM selesai masalah virus Korona Wuhan (corona virus/2019-nCov), China kini bertarung melawan wabah flu burung (H5N1). Kementerian Pertanian dan Pedesaan China menjelaskan, peternakan di kota Shaoyang, Hunan selatan, menjadi lokasi virus flu burung.

Kasus ini dilaporkan pada Sabtu, 1 Februari 2020. Dalam keterangannya, tercatat ada 7.850 ayam terinfeksi dan 4.500 ekor di antaranya mati akibat penularan virus flu burung. Pihak berwenang telah memusnahkan 17.828 unggas setelah wabah ditetapkan.

Dilansir Channel News Asia, China tidak sendirian dalam menghentikan penyebaran virus flu burung. Awal pekan ini saja pihak berwenang di India mulai memusnahkan ayam dan menghancurkan telur yang mengandung virus flu burung.

 Pihak berwenang telah memusnahkan 17.828 unggas setelah wabah ditetapkan. 

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI coba menyikapi isu flu burung di China ini. Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr. Anung Sugihantono, Kemenkes terus mengikuti perkembangan H5N1 di China ini.

"Kami bukan hanya mengikuti kasus, tapi juga mengikuti perkembangan yang berkaitan dengan flu burung," kata Anung di Kantor Kemenkes Jakarta, Senin (3/2/2020).

Anung melanjutkan, masalah ini bukanlah ranah Kemenkes, melainkan Kementerian Pertanian. Sebab, kasus flu burung di China baru menyebabkan kematian pada unggas, belum sampai mengakibatkan kematian pada manusia.

Meski begitu, Kemenkes terus mengantisipasi masalah ini. "Prinsipnya sama, karena ini masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus, kami sudah berpengalaman mengatasi flu burung sebelumnya dan MERS-CoV," sambungnya.

Anung pun berpesan untuk masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta pemahaman mengenai kesehatan dirinya sendiri. Caranya dengan melakukan gaya hidup sehat, menjaga kebersihan, dan intinya menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

dan intinya menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

"Sebagai langkah lanjutan, kami sudah menghubungi Kementerian Pertanian untuk selalu meningkatkan kewaspadaan di sektor peternakan," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini