Tidur 30 Menit Lebih Awal, Ini yang Terjadi Pada Tubuh

Adityo Bagas, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 481 2162757 tidur-30-menit-lebih-awal-ini-yang-terjadi-pada-tubuh-rHaaBpYPA0.jpg Ilustrasi. (Sleepmaker)

MENGATUR jadwal tidur sangat penting dilakukan oleh seseorang. Jangan sekedar mementingkan tidur 8 jam di malam hari tanpa memikirkan kualitasnya.

Saat Anda dapat mengatur jadwal tidur dengan baik, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Anda jadi lebih fokus beraktivitas dan tubuh akan lebih bugar.

Dilansir Okezone dari Bustle, Senin (3/2/2020), waktu 30 menit bukanlah waktu yang lama untuk mengawali tidur. Para ahli tidak merekomendasikan perubahan universal ke arah waktu tidur sebelumnya.

tidur

Usahakan untuk tidur di bawah pukul 22.00 demi menjaga siklus metabolisme. Jika Anda merasa lelah, mengawali tidur malam 30 menit sebelum waktunya bisa mengembalikan energi tubuh. Gunakan waktu ini sebaik mungkin agar lebih semnangat beraktivitas.

"Sebagian besar saat orang ingin tidur bukan karena butuh istirahat. Tetapi karena program TV yang ditonton telah selesai atau ketika pasangan kita ingin tidur," kata Penulis Buku How to Sleep Well Dr Neil Stanley, PhD, saat diwawancarai oleh Bustle.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan orang bisa memiliki chronotype yang berbeda-beda. Chronotype adalah preferensi bawaan tubuh Anda pada jenis siklus tidur Anda. Jika Anda mengubah waktu tidur 30 menit agar lebih dekat dengan chronotype Anda, maka kemungkinan besar Anda akan tertidur lebih cepat, tidur nyenyak lebih cepat dan merasa lebih mudah untuk bangun.

Ketika Anda mengubah pola tidur Anda secara bertentangan dengan chronotype Anda, seperti tidur di atas pukul 23.00, Anda kemungkinan tidak akan mendapatkan manfaat sama sekali. Jika Anda mengalami kurang tidur, bahkan perubahan kecil dalam waktu tidur Anda dapat membuat perbedaan besar.

Misalnya, jika Anda membutuhkan 7 jam tidur malam hari dan Anda hanya mendapatkan sekira 6 jam, maka memindahkan waktu tidur Anda lebih awal, serta menjaga waktu tidur Anda secara konsisten. Tentunya hal ini akan memiliki efek besar bagi kekebalan tubuh Anda.

Saat ini diprediksi banyak orang yang telah mengalami kekurangan tidur. Sudah saatnya Anda mengganti jadwal tidur agar dapat merasakan manfaatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini