Benarkah Pasta Gigi Mengandung Arang Bisa Memutihkan?

Mas Haidar, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 481 2162807 benarkah-pasta-gigi-mengandung-arang-bisa-memutihkan-VseLhrJ1UA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK produk kesehatan mulut berlomba-lomba untuk menemukan membuat inovasi agar dibeli banyak orang. Salah satu yang sering menjadi nilai jual lebih adalah yang mengandung arang.

Pasta gigi yang mengandung charcoal (arang) menjadi terobosan yang menarik perhatian masyarakat, karena diklaim akan membuat gigi akan menjadi lebih putih setelah menggunakannya.

Tetapi apakah produk-produk ini benar-benar membersihkan mulut dan memutihkan gigi seperti yang mereka klaim?

"Produk perawatan mulut yang mengandung arang dikatakan memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri, tetapi tidak ada bukti tentang itu," tutur dr. Sherina Daryanani, seorang dokter gigi dan pendiri sebuah klinik gigi di Singapura, seperti dikutip dari SCMP.

 ternyata mengandung jumlah zat pemutih radikal bebas yang tidak mencukupi.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2019 di British Dental Journal (BDJ), menulis hampir semua dari 50 pasta gigi dan bubuk berbasis arang yang diuji, ternyata mengandung jumlah zat pemutih radikal bebas yang tidak mencukupi.

Sehingga, produk tersebut tidak memiliki efek pemutihan atau penghilangan noda. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan dokter Sherina Daryanani.

“Produk seperti serbuk arang cenderung cukup abrasif terhadap enamel gigi. Jika produk tersebut menghilangkan noda, mungkin melakukannya sampai merusak dentin, yang merupakan jaringan tulang padat dan kekuningan di bawah enamel yang membentuk sebagian besar gigi kita," katanya.

"Jadi, jika Anda rutin perawatan mulut menggunakan produk yang mengandung arang, sebenarnya mungkin meningkatkan risiko kerusakan gigi dan merusak permukaan gigi Anda," tambah dokter Sherina.

Ada beberapa aspek negatif lain jika menggunakan produk gigi arang ini. Yaitu keberadaan hidrokarbon aromatik polisiklik dalam pasta gigi berbasis arang. Hidrokarbon aromatik polisiklik, adalah bahan kimia yang bisa ditemukan di batu bara, minyak mentah dan bensin.

Dokter Sherina Daryanani mengatakan, jika ingin menjaga gigi dan gusi dalam kondisi baik dengan cara sikat gigi dua kali sehari dan rajin mengunjungi dokter gigi untuk cek kesehatan mulut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini