3 Makanan Sehat Tangkal Ancaman Virus Korona

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 481 2162811 3-makanan-sehat-tangkal-ancaman-virus-korona-n6PPyzrrsx.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MENJAGA imunitas tubuh dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penularan virus korona (coronavirus/2019-nCoV). Ada beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto, berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, sebagai penangkal berbagai penyakit, termasuk virus korona. Selain dari makanan, Anda bisa istirahat cukup, berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas, agar terhindar dari ancaman virus korona. Berikut ulasannya, dilansir Okezone dari Healthline, Senin (3/2/2020).

Jeruk atau citrus

jeruk

Banyak orang yang langsung mengonsumsi vitamin C setelah mengalami gejala batuk, demam atau flu. Alasannya karena vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Di samping itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

Brokoli

Meski tak semua orang menyukai sayuran ini, brokoli sejatinya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Brokoli dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta kaya akan antioksidan dan serat lainnya.

Cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan merebusnya dalam waktu yang singkat, juga bisa disantap langsung untuk mempertahankan nutrisinya.

Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus penyakit dan infeksi.

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat bila dimasak dalam kurun waktu yang singkat. Sehingga Anda dapat mempertahankan nutrisinya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini