nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Cincin Pertunangan Perempuan Ada di Jari Manis Kiri?

Nada Husna, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 13:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 04 196 2163095 kenapa-cincin-pertunangan-perempuan-ada-di-jari-manis-kiri-dh1uvA78Cp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM sebuah pertunangan, salah satu momen yang paling dinanti adalah ketika kedua calon mempelai saling memasangkan cincin. Biasanya, mempelai pria menyematkan cincin ke jari manis kiri wanita.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wanita mengenakan cincin pertunangan di jari manis tangan kiri? Atau Anda pernah berpikir kenapa wanita tidak mengenakan cincin itu pada jari telunjuk atau jari lainnya.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut beberapa alasan mengapa memasangkan cincin ke pengantin wanita selalu di jari manis tangan kiri.

mengapa memasangkan cincin ke pengantin wanita selalu di jari manis tangan kiri.

Keyakinan kuno

Legenda percaya bahwa jari manis wanita adalah satu-satunya jari yang memiliki pembuluh darah yang mengalir ke jantung mereka. Mengenakan cincin melingkar di jari itu melambangkan cinta abadi dan keterikatan dengan pasangan hidup seseorang.

Dalam bahasa Latin, vena jari manis kiri dikenal sebagai 'vena amoris' yang berarti 'vena cinta'.

Mungkin orang percaya bahwa mengenakan cincin pertunangan di jari manis kiri akan membantu wanita dalam mengembangkan ikatan emosional dengan pasangan hidupnya. Juga, ini adalah cara lain untuk menunjukkan bahwa pasangan hidup Anda adalah orang yang paling dekat dengan hati Anda.

Para ilmuwan mungkin tidak percaya pada teori-teori seperti itu, karena mereka telah menemukan bahwa setiap jari terhubung ke hati kita. Namun selama berabad-abad, orang-orang telah mempercayai dan mengikuti tradisi membiarkan wanita memakai cincin pertunangan mereka di jari manis tangan kiri.

Cara pengantin memakai cincin

Banyak pengantin wanita memakai cincin pertunangan di jari manis kiri sampai mereka menikah. Setelah menikah, mereka biasanya meletakkan cincin pertunangan mereka di jari manis kanan mereka. Ini untuk memastikan jika mereka sudah menikah.

Pengantin wanita yang berubah pikiran dan tidak jadi menikah, bisa mengembalikan cincin tunangan yang sama kepada pengantin pria beberapa hari sebelum pernikahan.

Namun, ada banyak budaya dan di negara-negara seperti Rusia, Yunani, Columbia orang memakai cincin pertunangan mereka di jari kanan. Beberapa orang yang tidak merasa nyaman memakainya di jari manis tangan kiri, mereka juga lebih suka mengenakannya di jari manis kanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini