Suhu Tubuh Dicek Rutin, Kemenkes Pastikan Semua WNI di Karantina Natuna Sehat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 481 2163108 suhu-tubuh-dicek-rutin-kemenkes-pastikan-semua-wni-di-karantina-natuna-sehat-ir0Gc3XHv0.jpeg Kemenkes pastikan semua WNI di Karantina Natuna sehat (Foto : Sukardi/Okezone)

Masyarakat sekitar lokasi karantina WNI dari China di Natuna sempat mengeluhkan kekhawatiran akan penyebaran virus. Ketakutan ini bahkan sampai membuat masyarakat sekitar Lanud Raden Sadjad tidak beraktivitas normal.

Malah, ada informasi yang menjelaskan bahwa sekolah di sekitar lokasi karantina Natuna diliburkan beberapa hari. Hal ini tentu menandakan betapa masyarakat di sekitar lokasi karantina ketakutan akan masalah ini.

Padahal, yang harus diketahui adalah mereka yang berjumlah 238 orang yang dikarantina semuanya dinyatakan sehat sampai sekarang. Mereka negatif virus korona Wuhan. Ini sesuai dengan hasil awal sebelum akhirnya terbang ke Indonesia, pun sesaat setelah tiba di Natuna.

"Mereka juga setiap harinya dicek suhu tubuhnya, sehari dua kali dan data terbaru menyatakan bahwa mereka semua sehat-sehat," terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dr. Wiendra Waworuntu saat ditemui Okezone di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Kemenkes

Wiendra menambahkan, dengan informasi ini harusnya masyarakat Natuna tidak menganggap mereka yang ada di dalam karantina itu dapat menularkan penyakit. Terlebih, tempat mereka beristirahat dan beraktivitas sehari-hari pun selalu diberikan disinfektan setiap harinya.

Lebih lanjut, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr. Anung Sugihantono yang tengah berada di camp observasi di Natuna menjelaskan bahwa sekarang ini masyarakat sekitar sudah beraktivitas seperti biasa. Ya, bisa dikatakan situasi sekarang sudah kondusif.

"Berdasarkan laporan yang saya terima dari Dinas Kesehatan Natuna, masyarakat di sini sudah melakukan aktivitas seperti biasa, anak-anak sudah kembali sekolah yang mana sebelumnya mereka sempat libur," ungkap Anung melalui telewicara di temu media.

Anung menambahkan, toko-toko di sekitar Lanud Raden Sadjad juga sudah beroperasi secara normal. Ini menandakan bahwa masyarakat mulai tidak ketakutan. Ini juga bisa terjadi karena sosialisasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan dan pihak lain yang terlibat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini