Ternyata Tanaman Porang di Jepang Jadi Bahan Masakan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 298 2163865 ternyata-tanaman-porang-di-jepang-jadi-bahan-masakan-esxicUXNe7.jpg Tanaman porang jadi bahan masakan. (Foto: Umamiinsider)

TANAMAN Porang menjadi perbincangan di media sosial karena mengubah nasib mantan pemulung. Di Jepang, tanaman porang ternyata kerap dijadikan bahan masakan yang enak loh.

Paidi, lelaki asal Desa Kepel, Madiun, Jawa Timur, berhasil membudidayakan tanaman porang, sampai membuatnya menjadi miliyader. Nah, bagi sebagian orang tanaman porang mungkin masih terdengar asing.

Namun sejarah tanaman ini, terbilang cukup panjang. Bahkan sempat digunakan untuk keperluan medis.

Bila melihat tampilannya, tanaman porang sekilas menyerupai kentang. Terkadang ada juga yang menyebutnya mirip dengan talas.

Dilansir Okezone dari Umamiinsider, Rabu (4/2/2020), di Jepang tanaman porang atau konyaku diolah dengan cara dihaluskan, lalu diberi tambahan bubuk rumput laut, sebelum akhirnya dibentuk menjadi persegi panjang dan direbus.

tanaman porang

Hasilnya menyerupai agar-agar dengan tekstur yang kenyal dan terdapat bulir-bulir hitam di dalamnya. Teknik pengolahan seperti ini paling umum dipakai oleh masyarakat Jepang.

Namun tak jarang mereka mengolah porang menjadi sajian mi nan lezat, dengan tekstur yang tipis dan tebal. Untuk menambah cita rasanya, mi porang seringkali diberi tambahan potongan sayuran segar dan protein, yang berasal dari kuah kaldu atau irisan daging sapi maupun ayam.

Selain itu, ada juga yang membentuk porang seperti bola-bola bakso, kemudian dicampurkan ke dalam sup atau semur. Terlepas dari jenis olahannya, porang atau konyaku ini cukup digemari masyarakat Jepang karena dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Kelebihan lain dari tanaman porang adalah sifatnya yang dapat menyerap seluruh rasa yang berasal dari bumbu masakan. Tak pelak, bila sejumlah ahli kuliner kerap menyebut porang seperti tofu atau tahu.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini