nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segudang Manfaat Tanaman Porang, Bahan Obat hingga Turunkan Kolesterol Jahat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 09:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 05 481 2163494 segudang-manfaat-tanaman-porang-bahan-obat-hingga-turunkan-kolesterol-jahat-GZf0mvORL7.jpg Tanaman Porang banyak khasiatnya (Foto : Kementan)

Umbi-umbian menjadi salah satu makanan pokok orang Indonesia. Jika Anda sudah terbiasa dengan singkong atau ubi, maka tidak ada salahnya untuk menjajal porang atau nama lainnya iles-iles.

Porang dengan nama ilmiah Amorphophallus muelleri ini ternyata ada di Indonesia, sekali pun belum banyak dari kita yang mengonsumsi umbi-umbian ini. Namun, jika Anda mau menjajalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Salah satu yang paling diincar adalah sumber karbohidrat baik dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda.

Seperti dikutip dari laman Agave-Tacobar, berikut manfaat dari porang yang tak banyak orang ketahui;

Bahan kandungan obat

Kandungan Kojac Glucomannan (KGM) dalam tanaman porang ternyata bermanfaat bagi dunia kesehatan. KGM digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat. Ada kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

Porang

Menurunkan kadar kolesterol

Porang mengandung glucomannan. Zat ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Di sisi lain, kojac juga ternyata baik untuk mereka yang sedang diet atau orang yang ingin menurunkan berat badan, dan aman untuk penderita diabetes.

Sumber karbohidrat baik

Porang ternyata mengandung karbohidrat baik sebesar 80%. Ini bisa dikatakan bahwa porang bisa menjadi pengganti nasi di menu makanan Anda sehari-hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini