Mengenal Porang, Tanaman yang Bikin Mantan Pemulung Jadi Miliarder

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 481 2163508 mengenal-porang-tanaman-yang-bikin-mantan-pemulung-jadi-miliarder-wOUJkNAb1i.jpg Tanaman Porang (Foto : Randy Tropical Plants)

Tanaman Porang tiba-tiba menjadi perbincangan karena seorang warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Paidi. Pria berusia 37 tahun tersebut merupakan mantan pemulung yang kini menjadi miliarder setelah mengembangkan porang.

Apa itu porang? Sebagian masyarakat indonesia belum mengenal apa itu porang hingga muncul sosok Paidi yang membuatnya mulai populer.

Porang atau Amorphophallus muelleri dalam istilah ilmiahnya adalah tumbuhan berumbi yang mempunyai buah di setiap cabang tangkainya.

Dikutip dari situs porang.co.id, Porang mempunyai batang halus dan tidak bergerigi, daun berbentuk bintang tetapi agak lebar sedikit tebal kaku. Pada daging umbi porang warnanya kuning.

Porang

Tanaman ini banyak ditemui di daerah hutan, karena tumbuh subur di bawah naungan pohon, porang memerlukan intensitas cahaya matahari hanya 40%. Saat ini porang banyak dibudidayakan, seperti di desa Klangon Saradan Kabupaten Madiun, adalah pioner dalam budidaya porang.

Pria 37 tahun ini sukses menjadi miliarder setelah membudidayakan porang. Tinggal di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, awalnya dia mendapat ide tersebut dari temannya.

Dia pun berusaha mencari referensi melalui internet tentang kegunaan porang. Porang merupakan tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan.

Porang awalnya tidak lebih dari tumbuhan liar, yang lazim ditemukan di sela-sela pepohonan hutan. Namun kepopulerannya lambat laun meningkat, karena permintaannya tinggi terutama Jepang. Karenanya banyak yang membudidayakan tanaman ini di balik rimbunnya tegakan pohon di hutan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini