Menguji Kebenaran Air Garam untuk Tangkal Virus Korona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 481 2163669 menguji-kebenaran-air-garam-untuk-tangkal-virus-korona-c5OonqbrgV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WABAH virus korona semakin meluas menjangkit di beberapa negara. Sayangnya, banyak pula kabar hoax di masyarakat yang membuat resah.

Misalnya saja salah satu informasi dari pesan berantai di WhatsApp Group, yang menjelaskan bahwa air garam dapat dijadikan obat pencegah virus korona (coronavirus/2019-nCov). Informasi ini dijelaskan Ahli Paru-Paru China, Zhong Nanshan, yang merupakan penemu virus korona SARS pada 2003 silam.

Dia menyarankan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah virus korona. Berikut isi pesannya:

virus korona

*Zhong Nanshan*

(seorang ahli paru-paru Cina yang menemukan virus corona SARS pada 2003) menyarankan cara-cara sederhana untuk mencegah pneumonia Wuhan:

Dianjurkan agar Anda berkumur dengan air garam ringan sebelum pergi ke rumah sakit atau tempat umum lainnya (dan melakukan hal yang sama setelah kembali ke rumah). Metodenya adalah sebagai berikut:

a) Memegang seteguk air garam encer.

b) Angkat kepalamu; biarkan air garam tetap di sekitar area tenggorokan Anda.

c) Buka mulut sedikit dan buang napas perlahan, biarkan udara menggelegak melalui air di tenggorokan Anda dan buatlah suara "ha".

d) Muntahkan air garam setelah beberapa detik.

e) Ulangi cara ini sebanyak 3-5 kali.

Karena virus atau bakteri mengintai di faring melalui saluran hidung, air garam encer dapat membunuh mereka di tempat, sehingga mencapai tujuan mencegah infeksi.

Selama SARS, saya mempromosikan dan mengawasi metode ini di antara murid-murid saya. Akibatnya, tidak ada siswa kami di kelas kami yang kedinginan, batuk, dan demam.

Metode ini sederhana, efektif, mudah dilakukan. Tetapi membutuhkan ketekunan.

Zhong Nanshan

21 Januari 2020

Setelah menerima pesan ini, Okezone mengonfirmasi pada Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur dr Annisa Sutera Insani, SpP, apakah informasi itu benar atau hoax semata.

Dokter Annisa menjelaskan, air garam memang punya manfaat sebagai antiseptik dan menjaga kesehatan mulut. Misalnya saja air garam fungsinya sebagai antiseptik dan mempercepat proses penyembuhan radang.

"Kumur-kumur dengan air garam sebenarnya sudah dipakai dokter gigi sejak lama untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan," terang Dokter Annisa, saat dihubungi Okezone, Rabu (5/2/2020).

Ia melanjutkan, untuk fungsi mengatasi sariawan, Anda bisa melakukan teknik kumur-kumur air garam sehari dua kali. Selain itu, Anda dapat menggunakan air garam sebagai langkah pencegahan penyakit mulut.

"Kalau memang ada keluhan sariawan boleh dilakukan. Kalau enggak ada, ya, mungkin sehari sekali cukup, untuk menjaga kesehatan mulut bukan mencegah suatu penyakit," paparnya.

Dokter Annisa menegaskan, kegunaan air garam untuk pencegahan masuknya virus melalui tenggorokan, ternyata belum ada penelitiannya. Sehingga bisa dikatakan informasi itu belum valid.

"Kalau kumur-kumur air garam untuk mencegah infeksi karena virus belum ada penelitiannya," tegasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini