nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Kanker Sedunia, Berapa Lama Umur Penderita Kanker Paru Stadium 4?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 05 481 2163968 hari-kanker-sedunia-berapa-lama-umur-penderita-kanker-paru-stadium-4-TVenqn0qD4.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

KANKER paru-paru jadi salah satu penyakit silent killer yang harus diwaspadai. Gejalanya sulit dipastikan, karena dianggap serupa dengan penyakit paru-paru lainnya.

Data Globocan 2018 menyebutkan, sebanyak 26.095 orang di Indonesia meninggal dunia karena mengalami kanker paru-paru. Namun, perkembangan teknologi membuat penderita kanker dapat memperoleh pengobatan untuk memperpanjang angka harapan hidup.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP, mengungkapkan, pasien kanker paru banyak yang datang terlambat ke dokter. Mereka terdiagnosa kanker paru-paru sudah stadium 4.

“Karena gejalanya tidak ada, para pasien baru datang ke rumah sakit setelah kankernya berada di stadium tiga dan empat,” terang Prof Aru, dalam acara Hari Kanker Sedunia 2020 di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

ilustrasi

Gejala kanker paru-paru, sambung Prof Aru, tak jauh berbeda dengan penyakit paru-paru lainnya. Maka, seorang penderita pun sulit membedakan kalau tidak segera konsulitasi dengan dokter.

Ketika terlambat divonis, pengidap kanker paru-paru harapan hidupnya terbilang pendek. Namun mereka tetap bisa menjalani beberapa pengobatan medis.

"Kebanyakan sih sudah ada di stadium 4, dengan angka harapan hidup antara lima tahun, hingga enam bulan saja," pungkas Prof Aru.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini