nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Kanker Sedunia, Mengenal Metode Pengobatan Kemoterapi hingga Targeted Therapy

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 21:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 05 481 2163977 hari-kanker-sedunia-mengenal-metode-pengobatan-kemoterapi-hingga-targeted-therapy-EexUeryXTH.jpg Ilustrasi. (Breasthealthandhealing)

SAAT terdiagnosa kanker stadium lanjut, banyak pasien merasa putus asa saat menghadapi penyakitnya. Padahal banyak pengobatan medis yang dapat dijalani.

Spesialis Paru Konsultan, dr Sita Laksmi Andarini, PhD, SpP (K), mengatakan, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker. Semuanya dapat dilakukan untuk meningkatkan harapan hidupnya.

“Metode bedah bisa dilakukan sejak stadium awal sampai dengan 3A. Bisa diambil parunya secara total atau sebagian parunya saja apabila kankernya tidak menyebar. Selain itu ada pula kemoterapi yang masuk ke dalam pengobatan sistemik,” ucap Dokter Sita, ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

ilustrasi

Selain itu, sambung Dokter Sita, kemoterapi bisa meningkatkan angka harapan hidup pasien. Meskipun kemoterapi memiliki berbagai efek samping seperti mual, muntah, rambut rontok, bahkan kalau hamil bisa menyebabkan keguguran. Sistem kerja Kemoterapi ini dengan cara diinfus dan bisa dilakukan one day care.

Ada juga targeted therapy yang dilakukan untuk mengatasi kanker. Metode ini adalah perawatan kanker yang menggunakan obat-obatan.

Cara ini, menurut Dokter Sita, dapat bekerja dengan menargetkan gen spesifik kanker atau lingkungan jaringan, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kelangsungan hidup kanker.

“Terakhir adalah imuno onkologi yang bekerja menggunakan sistem imunitas tubuh untuk menyerang sel kanker. Beberapa sel kanker lari dari penginderaan imunitas. Kalau sel imunitas menang, maka sel kanker akan menjadi sel biasa. Jika kalah maka akan menyebar,” tuntasnya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini