nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Kanker Sedunia, Bersyukur Melawan Penyakit ala Penyintas Febria Silaen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 10:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 06 481 2164129 hari-kanker-sedunia-bersyukur-melawan-penyakit-ala-penyintas-febria-silaen-KJpw8Cyu5H.jpg Febria Silaen, penyintas kanker rahim. (Foto: Instagram/@febriasilaen)

Penyintas Kanker, Febria Silaen, tetap bersyukur walau mendapat banyak stigma saat sakit. Ia pun terus berbagi semangat kepada para penyintas kanker agar bisa melawannya.

Jumlah penderita kanker terus meningkat di Indonesia. Salah satu penyebab utama kanker adalah gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas, infeksi, konsumsi alkohol hingga faktor keturunan.

Perempuan 40 tahun ini mengidap kanker rahim atau biasa disebut dengan Trofoblas Gestasional (PTG) pada 2016 silam. Saat ini Febria Silaen berhasil dinyatakan sembuh, setelah menjalani pengobatan.

febria silaen

Keberhasilan Febria Silaen menjadi survivor kanker, membuatnya terpanggil untuk membagikan pengalamannya kepada masyarakat luas. Perempuan yang bekerja sebagai Freelance Content Writer tersebut pun membagikan beberapa tips untuk penderita kanker yang sedang berjuang menjalani pengobatan.

“Pertama yakin sama diri sendiri bahwa pengobatan yang dilakukan bisa menyembuhkan. Kalau sudah yakin, otomatis psikis membantu untuk lebih semangat,” ucap Febria Silaen, saat diwawancarai Okezone, Rabu 5 Februari 2020.

Selanjutnya, kata Febria Silaen, para penderita kanker harus mematuhi perkataan dokter dan jangan mendua. Artiny, kalau Anda menjalani pengobatan medis, lakukan sampai selesai. Jangan coba pengobatan alternatif atau yang lain.

Saat menjalani pengobatan memang membutuhkan waktu untuk direspon tubuh. Kalau terlalu banyak mencoba pengobatan lainnya, maka pasien lelah psikis dan fisik.

Selain itu, Anda pun diminta jujur pada diri sendiri dan orang lain. Anda harus mengenali sinyal tubuh, kalau memang tubuh lagi enggak mau makan, jangan dipaksa.

"Jujur sama diri sendiri, kalau sedang down dan katakan pada orang lain. Maaf saya lagi gak bisa jenguk atau saya lagi malas. Ini akan membuat kita lebih rileks dan tidak memaksa diri,” lanjutnya.

Selama melawan penyakit kanker, jangan malas beraktivitas dan cobalah untuk cari kegiatan positif. Baik bekerja atau ikut komunitas yang membantu untuk lebih positif.

"Terakhir, jangan malas. Tetap rajin kontrol kesehatan ke dokter, konsumsi makanan yang baik dan gerak fisik. Jangan malas untuk terus memotivasi diri, bergaul dan berdoa," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini