Makan Buah Bisa Cegah Kanker, Mitos atau Fakta?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 481 2164694 makan-buah-bisa-cegah-kanker-mitos-atau-fakta-SJqExZfFWZ.jpg Ilustrasi (Foto : Askmen)

Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang perlu disertakan dalam menu harian karena kaya manfaat. Namun, ada satu kepercayaan di masyarakat bila mengonsumsi buah dan sayur dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit kanker.

Sayuran dan buah-buahan diklaim dapat mencegah hingga menyembuhkan kanker berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun menurut penjelasan, Ketua Formularium Nasional Prof dr Iwan Dwi Prahasto, M,Med, Sc, Ph, makanan tersebut sejatinya hanya dapat mengurangi risiko kanker pada manusia.

"Studi menyebutkan, kanker usus umumnya terjadi karena si pasien jarang makan sayur dan buah. Maka dari itu dia didorong untuk mengonsumsi makanan tersebut, jadi bukan berarti mengobati. Tetapi dia harus mengonsumsinya untuk menghindarkan dari risiko kanker," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Kamis 6 Februari 2020.

Buah dan Sayur

Selain mitos tentang makanan penyembuh kanker, Prof Iwan juga menyoroti peredaran obat tradisional yang juga diklaim dapat menyembuhkan kanker.

Dia mengatakan, hingga saat ini belum ada satu pun bukti klinis yang solid yang menunjukkan bahwa obat tradisional dapat menyembuhkan kanker. Kendati demikian, dia tidak keberatan bila Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ingin menganjurkan obat tradisional sebagai alternatif pengobatan.

"Boleh saja, tapi hanya sekadar sebagai hak rakyat. Jangan dimasukkan ke dalam sistem. Kita tidak berani melepas atau mengklaim sesuatu seperti obat tradisional bisa menyembuhkan kanker, karena memang belum ada dasar yang kuat," tegas Prof Iwan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini