8 Cara Menguatkan Sendi, Pertama Terus Bergerak

Mas Haidar, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 481 2164712 8-cara-menguatkan-sendi-pertama-terus-bergerak-rmTSQw89CJ.jpg Ilustrasi. Foto: Elli.ro

SEBAGIAN orang kurang memperhatikan kesehatan sendi, padahal jika sendi sudah sakit dan tidak bisa bekerja optimal, maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari yang menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup penderitanya menjadi terganggu.

Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga berat.

Lalu bagaimana cara menguatkan sendi agar tidak gampang sakit atau nyeri? Dikutip dari laman verywellhealth pada Sabtu (8/2/2020), berikut 8 caranya:

1. Terus bergerak.

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Mulailah menggerakan tubuh Anda meskipun hanya berjalan. Dengan berjalan teratur akan memperkuat otot yang mengelilingi persendian, meskipun aktivitas ini simpel tapi berdampak besar.

2. Gunakan penyangga sendi.

Bagi Anda yang sering nyeri sendi dan ingin menjalankan aktivitas secara lancar, gunakanlah penyangga sendi. Meskipun terkesan sederhana, alat ini berguna untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi tekanan atau beban yang berlebihan pada sendi.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

3. Jagalah berat badan.

Rajinlah menimbang berat badan Anda, apakah sudah ideal atau belum. Selain untuk penampilan, jika berat badan Anda ideal akan memudahkan kerja sendi.

Studi telah menemukan bahwa berat badan ideal secara signifikan mengurangi nyeri lutut, fungsi, dan kekakuan yang terkait dengan osteoarthritis lutut. Berat badan yang berlebih menambah tekanan pada sendi kita, terutama sendi yang menahan beban.

4. Selektif dalam memilih olahraga.

Semua olahraga baik untuk tubuh, tapi bagi penderita nyeri sendi harus lebih selektif dalam memilih olahraga. Olahraga seperti berenang, berjalan dan bersepeda bisa menjadi pilihan karena tidak terlalu berdampak besar pada sendi, selain itu olahraga ini malah menguatkan.

5. Memperkuat Otot Sekitar Sendi.

Otot-otot yang menopang persendian kita harus dijaga sekuat mungkin. Anda dapat meningkatkan kekuatan otot dengan salah satu caranya adalah Squat.

Berhati-hatilah dalam squat dan jangan berlebihan. Jika tidak berlebihan, squat akan meningkatkan stabilitas sendi Anda, sekaligus mengurangi rasa sakit.

6. Konsumsi Vitamin D dan Kalsium secara teratur.

Vitamin D dan kalsium adalah dua nutrisi yang diperlukan untuk tulang yang sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, diet, atau suplemen. Sedangkan kalsium bisa didapatkan dari susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Berhenti Merokok.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa merokok meningkatkan risiko osteoporosis. Perokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami nyeri pinggang dan artritis reumatoid. Berhenti merokok untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan sendi.

8. Diet Anti Inflamasi Bermanfaat untuk Kesehatan Sendi.

Diet anti-inflamasi adalah diet untuk memerangi peradangan kronis dengan cara mengonsumsi lebih banyak makanan yang bersifat anti-inflamasi.

Selain kopi dan coklat, berbagai macam buah dan sayuran mengandung komponen antioksidan yang dapat meningkatkan efek anti-inflamasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini