nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Ibu, Seseorang Terbiasa Mencegah Kanker

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 07 481 2164931 dari-ibu-seseorang-terbiasa-mencegah-kanker-qjIsdi90BT.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

KELUARGA sangat memiliki peran besar dalam mencegah kanker. Seorang ibu dinilai punya peran terpenting.

Kanker masih menjadi penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Data Globocan 2018 menyebut terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian.

Ahli dan Pemerhati Kanker Prof Dr dr Soehartati A Gondhowiardjo, SpRad(K), OnkRad, mengatakan, perlu kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit kanker. Menerapakan pola hidup sehat menjadi cara terbaik.

ilustrasi

"Satu-satunya cara harus menjalankan pola hidup sehat. Cek kesehatan secara rutin, tidak terkena asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stres. Satu lagi, jaga kebersihan diri," ucap Prof Soehartati saat ditemui Okezone di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, Kamis 6 Februari 2020.

Lebih lanjut Prof Soehartati menjelaskan, bagi kaum perempuan juga harus memperhatikan kesehatan payudara. Caranya bisa dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin.

"SADARI itu paling gampang dilakukan setiap hari minggu pas mandinya agak lama sedikit," tambahnya.

Dari situlah, peran keluarga di dalam mencegah penyakit kanker dinilai memiliki andil yang sangat besar. Terutama bagi kalangan ibu.

"Karena itulah wanita sering disebut power of standing. Jadi kalau ibunya bilang tidak (melakukan), harusnya tidak," tutupnya.

Peran ibu, menurut Prof Soehartati, di dalam tindakan preventif kanker itu sangat besar. Seorang ibu bisa mengontrol jenis makanan yang dapat dikonsumsi anggota keluarganya.

"Contoh jangan terlalu sering bikin masakan yang memakai MSG, mi instan, kurangi asap rokok, dan lain sebagainya," kata Prof Soehartati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini