Yuk, Simak Cara Membuat Lontong Cap Go Meh yang Lezat

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 298 2165394 yuk-simak-cara-membuat-lontong-cap-go-meh-yang-lezat-gbYA5yWHej.jpg Ilustrasi. Foto: Foodsweety

BIASANYA perayaan Imlek diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh. Pada hari spesial itu masyarakat Tionghoa kerap menyajikan berbagai macam hidangan lezat, salah satunya lontong Cap Go Meh.

Ada banyak resep dan cara penyajian lontong Cap Go Meh, contohnya ala Chef Yongki Gunawan. Dalam video yang diunggah di channel Youtubenya, ia membagikan tips cara membuat lontong Cap Go Meh yang lezat.

"Apa itu lontong Cap Go Meh, yang saya tahu ini adanya di Pulau Jawa saja, kalau di Sumatera jarang ada," katanya.

 

Ia mengatakan, bahwa lontong Cap Go Meh sebenarnya perpaduan antara opor ayam dan sambal goreng waluh (labu siam). Nah, berikut ini tips membuat lontong Cap Go Meh yang bisa Anda praktikan di rumah:

Bahan Opor:

-Ayam kampung muda ukuran besar, potong-potong sesuai selera.

-Kemiri, jinten, ketumbar, bawang putih, bawang merah, sedikit air haluskan bisa menggunakan ulegan atau blender.

-Sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas digeprek.

-Minyak kelapa

-Garam kurang lebih 2-3 sendok teh

Cara Membuat:

Ilustrasi. Foto: Foto Readersdigest

Langkah pertama untuk membuat lontong Cap Go Meh, panaskan minyak kelapa, masukan garam, tunggu hingga berubah warna hingga kecokelatan. Kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, sereh, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

Setelah itu, masukan ayam kampung yang sudah dipotong-potong, aduk sampai rata. Jika sudah sedikit mengental, maka masukan gula pasir, bumbu masak, dan gula aren.

Selanjutnya masukan air hingga ayam terendam. Kemudian ayam yang telah dimasak tadi pindahkan ke dalam panci yang lebih besar, dan taruh lagi di atas kompor menyela. Terus tuang juga air rebusan tadi lalu masukan santan ke dalam panci itu. Tunggu hingga satu jam sampai ayam matang.

Bahan Sambal Goreng Waluh:

-Ebi, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, cabai rawit (sesuai selera), cabai merah, sedikit air. Terus haluskan bahan-bahan tadi menggunakan blender.

-Siapkan lengkuas lalu geprek.

-Waluh yang sudah dipotong-potong dan digarami agar lebih segar.

-Telur rebus.

-Minyak goreng, minyak kelapa atau minyak sawit.

-Garam, chicken powder, bumbu masak, gula merah.

Cara Membuat:

Pertama-tama panaskan minyak goreng, lalu masukan garam hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu masukan bumbu halus dan lengkuas, tumis, chicken powder, bumbu masak, gula merah, hingga harum.

Setelah mengental masukan waluh dan telur rebus tadi, aduk hingga rata. Kemudian beri santan cair, tunggu hingga matang dan airnya agak menyurut.

Cara penyajian:

Siapkan mangkuk. Tuang opor ayam, sambal goreng waluh dan telur rebus tadi. Kemudian taburi dengan bawang goreng, kedelai yang sudah dihaluskan dan disangrai. Lontong Cap Go Meh pun siap disantap. Selamat mencoba.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini