Ini 4 Makanan Pendamping ASI dan Cara Membuatnya, Yuk Dicoba

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 298 2165479 ini-4-makanan-pendamping-asi-dan-cara-membuatnya-yuk-dicoba-Q5gbfAjeA7.jpg Ilustrasi. Foto: Magazine

MEMBERIKAN makanan pendamping ASI (MPASI) kepada anak merupakan suatu keharusan. Pemberiannya dilakukan secara bertahap hingga akhirnya sang anak bisa diberi makanan berserat pada usia 12 bulan.

Tentunya memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI kepada anak merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Orangtua harus pandai menciptakan menu yang nikmat agar sang anak tertarik untuk mencicipi.

Orangtua juga harus mampu mengubah tekstur makanan menjadi lebih halus agar sesuai dengan saluran pencernaan yang dimiliki sang anak. Daging panggang dan beberapa sayuran bisa diolah menjadi bubur.

Para orangtua juga harus menghindari garam, gula, atau madu ke dalam makanan. Dikutip dari laman resmi Pemerintah Queensland, berikut beberapa resep MPASI lezat yang bisa Anda coba di rumah.

Ilustrasi. Foto: Parents

1.Bubur Sayuran

Bahan baku:

1 kentang kecil, kupas

1 buah labu kecil dikupas

1/2 cangkir wortel, parut

1 potong sayuran hijau kecil (brokoli, zucchini, selada)

Cara membuat:

Potong semua sayuran hingga halus. Menggunakan steamer atau panci, didihkan sedikit air. Masukkan sayuran yang sudah halus, tutup, dan masak sampai lunak. Setelah matang, tekan sayuran melalui saringan atau haluskan dalam blender.

Berikan makanan pada awal waktu menyusui ketika bayi Anda lapar. Cara ini akan meningkatkan penerimaan rasa baru pada sang buah hati.

2.Bubur Buah

Bahan Baku:

Anda bisa menggunakan berbagai macam buah segar seperti Apel, pir, persik, aprikot atau plum kering yang sudah dibuang bijinya.

Cara membuat:

Jika menggunakan buah segar, maka cuci, kupas, dan potong dadu buah tersebut. Jika menggunakan buah kering: cuci dan potong dadu, lalu rendam dalam air hingga menutupi seluruh permukaan, setidaknya 15 menit sebelum dimasak.

Tempatkan buah segar atau buah kering basah, dan sisa cairan dalam panci. Tambahkan air secukupnya untuk menutupi bagian bawah panci dan masak dengan cepat sampai buahnya lunak. Setelah matang dan lunak, tekan bubur melalui saringan atau haluskan dalam blender.

3.Bubur Daging

Bahan Baku:

1/4 cangkir daging tanpa lemak (mis. Ayam, sapi, sapi, domba), dicincang halus atau dicacah.

1/2 cangkir ubi jalar, kupas dan cincang.

Cara membuat:

Tempatkan daging dan ubi dalam panci dengan air yang cukup untuk menutupi. Didihkan perlahan sampai lunak dan matang. Tekan melalui saringan atau campuran untuk konsistensi yang halus.

4.Puding Beras Pisang

Bahan Baku:

3/4 cangkir nasi matang

3/4 cangkir atau 180 mililiter ASI, susu formula atau susu full-cream (jika lebih dari 12 bulan).

1/2 sendok teh vanila

1/2 pisang, dihaluskan

Cara membuat:

Campur semua bahan bersama nasi, susu dan pisang. Panaskan dalam panci dengan api kecil sampai susu terserap, aduk terus. Aduk vanila. Dingin dan sajikan hangat atau dingin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini