nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Membagikan Kasih Sayang yang Seimbang agar Anak Tidak Cemburu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 09 196 2165641 tips-membagikan-kasih-sayang-yang-seimbang-agar-anak-tidak-cemburu-SRbOCdMWU8.jpg Ilustrasi (Foto : Parenting)

Sangat penting bagi orangtua untuk mencurahkan cinta dan kasih sayang kepada sang buah hati. Selain membantu tumbuh kembangnya, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri serta menimbulkan rasa aman bagi anak.

Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua saat hendak membagi kasih sayang kepada anak-anak. Terutama bagi mereka yang memiliki lebih dari satu orang anak.

Bila tidak dilakukan secara seimbang, atau perlakuan yang Anda berikan dianggap tidak sesuai oleh mereka, justru akan menimbulkan rasa cemburu yang dapat memicu berbagai dampak negatif.

Terkait hal ini, Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi, mengatakan hingga saat ini memang masih banyak orang tua yang cenderung lebih banyak kasih memberikan kasih sayang kepada anak 'terakhir' mereka.

Ibu dan Anak

"Biasanya orangtua lebih banyak memberikan kasih sayang ke adik sehingga sang kakak akan cemburu dan merasa tidak disayang," terangnya saat dihubungi Okezone via sambungan telefon, Minggu (9/2/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan tentang cara paling sederhana untuk membagi kasih sayang seimbang kepada anak. Kuncinya ada pada anak pertama.

Orangtua sebaiknya mencurahkan kasih sayang yang penuh kepada anak pertama mereka. Dengan demikian, si anak pertama ini akan memberikan hal yang sama kepada adik-adiknya.

"Anak pertama itu mudah cemburu, kesal, dan marah, jadi sebaiknya kasih sayang orang tua harus dicurahkan penuh kepada mereka. Bentuk kasih sayangnya bisa berupa perhatian, memberikan kepercayaan dan tanggung jawab," kata Mei.

"Bila anak pertama ini mendapatkan kasih sayang sesuai, dia bisa dijadikan partner untuk membantu memberikan hal yang sama kepada adik-adiknya," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini