Cegah Penularan Virus Korona, Batuk dan Bersin Jangan Tutup dengan Tangan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 481 2165628 cegah-penularan-virus-korona-batuk-dan-bersin-jangan-tutup-dengan-tangan-8QCsIKFbgZ.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Virus korona (coronavirus/2019-nCoV) semakin menyebar luas ke seluruh dunia dan telah membunuh lebih dari 700 orang. Virus ini menyebar dengan luas, salah satunya diyakini melalui perantara tangan yang kotor dan telah terinfeksi.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P(K) mengatakan tangan menjadi media penularan infeksi (termasuk virus korona) yang paling banyak dan sering terjadi. Pasalnya seseorang akan memegang segala objek yang ada di depannya menggunakan tangan.

Selain itu, dr Agus juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan tangan untuk menutup batuk dan bersin. Pasalnya kuman akan berkumpul di telapak tangan dan mempermudah akses penularan virus ke benda maupun orang lain.

Bersin

β€œSaat batuk atau bersin jangan ditutup dengan tangan. Karena saat salaman tangannya akan membawa kuman dan menular," tutur dr Agus beberapa waktu lalu.

Lalu, seperti apa baiknya ketika batuk atau bersin? dr Agus menyarankan untuk menutup menggunakan bahu. Tujuannya adalah agar virus dan bakteri tidak menyebar serta mencegah penularan penyakit melalui tangan.

Bersin

"Jadi disarankan menutup batuk dan bersin menggunakan bahu agar tidak menyebar ke orang lain,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini