nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguji Kebenaran Vaksin Pneumonia Tangkal Virus Korona

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 07:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 10 481 2165855 menguji-kebenaran-vaksin-pneumonia-tangkal-virus-korona-MaFYWJaW1t.jpg Ilustrasi. (Panoramahispanonews)

BUKAN tanpa alasan, sejak merebaknya kasus virus korona banyak berita hoax beredar di media sosial. Begitu cepatnya kabar burung itu tersebar, yang ada jadi simpang siur.

Biasanya berita hoax virus korona cepat beredar di aplikasi seperti WhatsApp. Banyak orang percaya berita hoax mulai dari klaim bawang putih dapat mencegah dan menyembuhkan virus korona, hingga penggunaan vaksin pneumonia sebagai salah satu upaya pencegahan virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan meluruskan fakta dan mitos virus korona yang semakin dipercaya banyak kalangan. Seperti apa penjelasannya?

Vaksin pneumonia bisa melindungi tubuh dari virus korona

vaksinasi

Faktanya: 

Mengingat virus korona termasuk jenis virus baru, sampai sekarang peneliti belum berhasil menemukan anti-virus maupun obat yang mampu mencegah dan menyembuhkan virus korona. Dalam arti lain, vaksin pneumonia tidak dapat melindungi tubuh dari serangan virus korona.

Sayangnya, begitu kabar hoax ini menyebar, masyarakat banyak yang ingin melakukan vaksinasi pneumonia di rumah sakit. Padahal vaksin untuk virus korona belum dipatenkan, namun masyarakat diimbau melakukan pencegahan dengan cara lain, yakni menggunakan masker, rajin cuci tangan, serta menjaga gaya hidup sehat.

Obat semprot hidung dapat mencegah virus korona

ilustrasi

Faktanya: 

Belum ada bukti akurat bahwa membersihkan hidung dengan obat atau cairan saline dapat melindungi Anda dari infeksi virus korona. Namun, obat ini telah terbukti dapat membantu pasien yang mengidap flu untuk pulih lebih cepat. (dwk)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini