nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui Fungsi dan Cara Pakai Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Korona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 10 481 2166093 ketahui-fungsi-dan-cara-pakai-masker-yang-tepat-untuk-cegah-virus-korona-HFwuygmO6G.jpg Ilustrasi (Foto : Travel Leisure)

Sejak mewabahnya virus korona Wuhan (Coronavirus/2010-nCoV) masker jenis N95 semakin dicari oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang percaya masker jenis ini bisa melindungi dari paparan virus korona.

Ternyata hal tersebut tidak benar adanya. Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Erlina Burhan, Msc, SP.P(K) mengatakan bahwa masker N95 tak wajib dipakai untuk menghindari virus korona.

“Masker N95 Ini dipakai hanya untuk petugas medis yang mengobati pasien secara langsung. Pasien tidak perlu menggunakan masker ini. Surgery mask saja sudah cukup,” terang dr. Erlina kepada Okezone beberapa waktu lalu.

masker

Lebih lanjut dr. Erlina menjelaskan bahwa seseorang yang telah mengenakan masker pun harus menggunakan peranti keselamatannya dengan baik dan benar. Jangan sampai menggunakan masker secara tidak baik dan benar.

“Gunakan masker, pastikan bagian hijaunya di luar, yang putih di dalam. Kenapa? Karena yang hijau bersifat waterproof dan yang putih menyerap cairan dan bakteri sehingga tidak keluar dari masker. Jangan dibalik,” lanjutnya.

Seperti diketahui saat ini terdapat tiga jenis masker yang bisa dikenakan oleh masyarakat. Masker N95 mampu memfilter 95% partikel berukuran 0,3nm dan menahan virus. Digunakan untuk menahan penyakit yang ditularkan secara airbone.

masker

Masker bedah (surgery mask) terdiri dari 3 lapisan. Bagian terluar bersifat waterproof untuk menahan droplets (percikan) masuk ke dalam masker. Sementara di bagian tengahnya bertugas menahan 90% partikel 5nm. Sementara lapisan dalam untuk absorbsi yang lembap atau basah.

Sementara masket terakhir adalah yang terbuat dari kain (Cotton). Masker jenis ini memiliki efisiensi anti virus yang rendah, tebal dan pengap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini