nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Pasien Virus Korona Banyak Tertular di Rumah Sakit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 14:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 10 481 2166155 waspada-pasien-virus-korona-singapura-banyak-tertular-di-rumah-sakit-9PE6ewf0bz.jpg Waspada penularan virus korona di RS (Foto : CBC)

Singapura menjadi bukti bahwa virus korona baru (2019-nCoV) dapat menular antarmanusia. Bahkan, di negara ini banyak orang yang terinfeksi meski tak melakukan perjalanan ke China.

Virus korona baru yang terjadi di Singapura harus menjadi catatan penting bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan kesehatan berkala di Singapura. Sebab, dengan adanya status 'oranye' yang diberikan pemerintah Singapura, Anda mesti meningkatkan kewaspadaan.

"Masyarakat Indonesia yang akan berkunjung ke Singapura harus berpikir kembali saat ini," terang Praktisi Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, melalui pesan singkat, Senin (10/2/2020).

Virus Korona

Dokter Ari menjelaskan bahwa berdasar laporan ilmiah terakhir yang dipublikasi Jurnal JAMA per 7 Februari 2020, dari 138 pasien yang dirawat di RS Zhongnan dari Wuhan University, ternyata 46,4% pasien virus korona dirawat dengan penyakit penyerta, Ya, diketahui mereka mengidap hipertensi, penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes melitus, gagal ginjal, bahkan HIV.

Selain itu, laporan dari JAMA juga menyebutkan bahwa dari 138 pasien di RS Zhongnan, ada 57 pasien yang tertular di rumah sakit. Mereka adalah 40 pasien petugas kesehatan dan 17 pasien yang sedang dirawat di rs tertular karena infeksi.

Virus Korona

"Rumah sakit telah menjadi tempat penularan virus dari laporan ilmiah ini. Perkembangan terakhir ini harus terus dicermati mengingat tingkat mobilisasi orang Indonesia dengan berbagai kepentingan cukup tinggi ke Singapura," ungkap dr Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini