nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDPI Ungkap Fakta Kelemahan Virus Korona hingga Pria Lebih Rentan Tertular

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 481 2166174 pdpi-ungkap-fakta-kelemahan-virus-korona-hingga-pria-lebih-rentan-tertular-qepMOtmx1L.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Wabah virus korona Wuhan (Coronavirus/2019-nCoV) yang telah menyebar ke berbagai negara di belahan dunia telah menyebabkan kegemparan di masyarakat, termasuk Indonesia. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum paham mengenai karakter dan sifat dari virus korona tersebut.

Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Erlina Burhan, Msc, SP.P(K) mengatakan bahwa virus korona yang menyerang Wuhan dan beberapa negara lain di luar China memiliki kelemahan. Alhasil virus tersebut akan sedikit sulit untuk menyebar di Indonesia.

“Virus ini tidak tahan dengan sinar ultraviolet dan hidup di suhu yang rendah dan kelembapan yang tinggi. Alhasil kondisi di Indonesia memang kurang bagus bagi tempat berkembangbiaknya virus korona,” terang dr. Erlina kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Virus Korona

Lebih lanjut dr. Erlina juga mengatakan masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. Pasalnya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya virus korona dapat hidup dan berkembangbiak dalam tumbuh manusia yang terinfeksi.

“Virus harus mendapatkan reseptor untuk bisa lengket, menempel dan berkembang biak. Kalau tidak ada reseptor maka mereka akan mati. Reseptor itu terdapat di saluran napas dan saluran cerna manusia,” lanjutnya.

Dalam pemaparannya dr. Erlina mengatakan pria lebih rentan untuk terkena virus korona lantaran jumlah reseptor yang dimiliki kaum adam lebih banyak dibandingkan dengan wanita.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa korban meninggal di China akibat virus korona lebih didominasi oleh laki-laki.

Virus Korona

“Selain jumlah reseptor yang dimiliki pria lebih banyak. Pria juga lebih banyak mobilisasinya dibandingkan wanita. Pria juga lebih banyak merokok dan jumlah populasi pria juga lebih banyak di China,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini