5 Makanan Sehat untuk Pertajam Penglihatan

Suherni, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 481 2166176 5-makanan-sehat-untuk-pertajam-penglihatan-anzEQZxRbq.jpg Anggur merah untuk mempertajam penglihatan. (Foto: Boldsky)

ADA beberapa cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah glaukoma. Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satunya.

Dilansir Okezone dari Boldsky, Senin (10/2/2020), konsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin C, beta-karoten dan antioksidan dapat mencegah glaukoma. Jenis makanan ini secara alami membantu meningkatkan aliran darah ke mata tanpa menimbulkan efek samping.

Inilah lima daftar makanan sehat yang dapat mencegah glaukoma. Yuk simak!

Kangkung

kangkung

Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid alami yang bertindak sebagai antioksidan. Kehadiran dua karotenoid ini dalam bayam membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang selanjutnya membantu meningkatkan kesehatan mata, serta melindungi makula dari kerusakan.

Anggur merah

anggur merah

Resveratrol adalah polifenol aktif yang ditemukan dalam anggur merah, yang memiliki sifat penambah pembuluh darah. Makanan ini membantu dalam mikrosirkulasi mata dan mencegah penyakit mata, seperti degeneratif makula, glaukoma dan retinopati diabetes.

Kecambah

kecambah

Kecambah dikemas dengan antioksidan seperti lutein, beta-karoten dan zeaxanthin bersama dengan vitamin A dan C. Antioksidan ini membantu untuk membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan saraf optik, sehingga mencegah glaukoma atau cedera saraf optik pada kasus glaukoma yang ada.

Seledri

seledri

Sayuran ini kaya akan nitrat makanan, vitamin A dan vitamin C. Sebuah penelitian mengatakan, konsumsi nitrat tinggi makanan membantu mengurangi risiko glaukoma, juga mengurangi tekanan intraokular mata yang meningkat.

Teh hijau

teh hijau

Katekin dan flavanol adalah dua flavonoid makanan yang ditemukan dalam teh hijau. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan kuat yang mengurangi pembentukan amiloid fibril, senyawa yang terutama terkait dengan penyebab glaukoma.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini