Tidak Pakai Pil KB Hindari Risiko Kanker Payudara

Adityo Bagas, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 481 2166604 tidak-pakai-pil-kb-hindari-risiko-kanker-payudara-cGQXoUupoC.jpeg Ilustrasi. (Shutterstock)

KANKER payudara bisa menyerang seseorang karena gaya hidup tidak sehat. Anda pun harus mencegahnya, salah satunya tidak pakai pil kb.

Selain itu, dilansir Okezone dari Boldsky, Selasa (11/2/2020), ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah risiko terkena kanker payudara. Yuk simak!

Menjaga berat badan

menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat adalah suatu hal yang sangat penting. Kelebihan berat badan, biasanya memiliki risiko terkena kanker payudara. Terutama jika seorang perempuan kelebihan berat badan setelah mencapai manopause. Lakukanlah olahraga ringan untuk dapat mengurangi lemak secara efektif.

Kurangi mengonsumsi alkohol

minuman beralkohol

Batasi kadar alkohol yang ada di tubuh Anda, karena minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Sebuah studi di British Medical Journal telah mengungkapkan, perempuan yang minum 5 hingga 14 gelas alkohol per hari, dikaitkan dengan peningkatan risiko akan terkena kanker payudara.

Tidak pakai pil KB

pil kb

Pil KB juga memiliki kelebihan dan kekurangan bagi tubuh kita, terutama perempuan. Salah satu kekurangannya yaitu risiko terkena kanker payudara.

Menurut sebuah penelitian, perempuan yang menggunakan pil kontrasepsi, akan memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, dibandingkan dengan perempuan yang tidak menggunakan pil kontrasepsi. Bahkan setelah berhenti mengonsumsi pil, perempuan yang telah menggunakan pil selama lebih dari lima tahun, masih memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

Terlepas dari cara di atas, penting juga bagi Anda untuk memeriksa sendiri payudara Anda setiap hari, apakah terdapat benjolan atau perubahan kulit. Jika Anda melihat ada perubahan tersebut, segeralah Anda berkonsultasi dengan dokter.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini