Indro Warkop Share tentang Upaya Kalahkan Kanker Demi Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 11 481 2166784 indro-warkop-ingin-share-tentang-upaya-mengalahkan-kanker-demi-tingkatkan-kesadaran-masyarakat-23YhU6Kd96.JPG Indro Warkop (Foto : Leo/Okezone)

Penderita kanker paru di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan angka kunjungan pasien kanker paru pada pusat rujukan respirasi nasional meningkat hampir 10 kali lipat dibandingkan dengan 15 tahun lalu.

Sebagai orang yang memiliki pengalaman buruk dengan kanker, Indrodjojo Kusumonegoro atau biasa dipanggil dengan Indro Warkop mengatakan masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengerti mengenai penyakit mematikan yang satu ini.

“Secara medis orang Indonesia belum mengerti mengenai kanker. Oleh sebab itu saya kepengen sekali share tentang upaya mengalahkan kanker dengan cara mengenali penyakit itu sendiri. Caranya dengan melakukan pemeriksaan diri yang tak menutup kemungkinan untuk benar-benar sembuh,” terang Indro, saat diwawancarai Okezone, Selasa (11/2/2020).

Indro Warkop

Sebagaimana diketahui rekan setim Indro di Warkop yakni Kasino meninggal karena kanker otak. Disusul oleh istri Dono yang meninggal karena kanker payudara hingga sahabatnya sendiri yakni Dono meninggal karena kanker paru-paru.

Setelah kehilangan dua sahabat karibnya, kesedihan Indro kembali tercipta ketika pada 2004 sang mertua meninggal karena kanker air liur. Duka mendalam dirasakan oleh Indro pada 2018 ketika istrinya meninggal karena kanker paru-paru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini